Direktorat Intelkam Polda Sumsel Beserta Jajaran Siap Dukung Pemulihan Ekonomi

Direktorat Intelkam Polda Sumsel Beserta Jajaran Siap Dukung Pemulihan Ekonomi
Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Toni Harmanto, MH., saat acara pembukaan giat Rakernis Fungsi Intelkam di Ballroom Hotel Aston Palembang, Selasa (24/5).

PALEMBANG — Kapolda Sumsel, Irjen Pol Drs Toni Harmanto MH membuka secara langsung giat Rakernis Fungsi Intelkam, bertempat di Ballroom Hotel Aston Palembang, Selasa (24/5). Giat Rakernis kali ini mengusung tema Direktorat Intelkam Polda Sumsel beserta Jajaran Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi dan Agenda Menuju Indonesia 2022.

Irjen Pol Toni mengapresiasi Direktur Intelkam, Kombes Pol Iskandar F Sutisna SIK MSi dan seluruh jajaran intelijen terkait pengamanan Unjuk Rasa (Unras) yang tidak menimbulkan isu-isu yang menonjol yang merupakan salah satu keberhasilan intelijen.

“Kita harus lakukan evaluasi tugas-tugas intelijen berupa pembuatan produk intelijen Laporan Informasi dan prediksi event yang perlu disampaikan kepada pimpinan,” ujarnya.

Kapolda mengatakan evaluasi reduksi potensi konflik, pemberian penghargaan kepada kasat intelkam yang berhasil melakukan reduksi potensi konflik. Sehingga perlu adanya Early Warning, Early Detection dalam giat inteljen yang dimulai dari awal dengan memanfaatkan teknologi dan informasi yang perlu diketahui oleh intelijen.

“Berkaitan dengan kegiatan rakernis ini yang menggunakan biaya, event kegiatan bertemakan rakernis. Kita harapkan adanya output berupa langkah evaluasi dalam menghadapi pemilu 2024,” sambungnya.

Sedangkan untuk penangan covid-19 di Polda Sumsel merupakan keberhasilan intelijen dengan berkolaborasi dengan fungsi dan instansi terkait.

“Saya berharap Intelijen mampu merespon segala perubahan yang terjadi di wilayah sumsel dan berikan langkah, saran, rekomendasi yang di perlukan oleh pimpinan, terus lakukan kolaborasi dengan fungsi intelijen lainnya,” ujarnya.

Untuk isu penggunaan senjata api, amunisi yang digunakan terkait personel polri yang tertembak seperti di Kabupaten OKI dan Mura dengan kejadian tersebut dilihat dari amunisi yang digunakan merupakan organik Polri, agar terhadap personel polri dilakukan pendataan amunisi, uji Balestik senjata api sebagai langkah pencegahan.

Sedangkan terkait Narkoba merupakan isu di Sumsel yang perlu mendapat perhatian yang mempunyai dampak luar biasa agar intelijen dapat berperan dalam permasalahan peredaran narkoba maupun lainnya.

Direktorat Intelkam Polda Sumsel Beserta Jajaran Siap Dukung Pemulihan Ekonomi
Direktur Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol. Iskandar F Sutisna, S.I.K., M.Si.

Sementara Direktur Intelkam Polda Sumsel, Kombes Pol Iskandar F Sutisna menyampaikan, bahwa dalam kegiatan ini peserta yang mengikuti Rakernis Fungsi Intelkam sebanyak 80 Peserta yang terdiri dari Para Kasat Intelkam Polda Sumsel, Kasi Intelmob Polda Sumsel, Kasi Lidik Ditpolairud Polda Sumsel, dan Kaurmintu/Kanit Intelkam Polres Jajaran Polda Sumsel.

Hadir dalam pembukaan Rakernis Intelkam, yakni Karo Ops Polda Sumsel, Kabid Propam Polda Sumsel, Wadir Intelkam Polda Sumsel, Kabag Analis Ditintelkam Polda Sumsel, dan para Kasubdit Ditintelkam Polda Sumsel, Kasubag Renmin Ditintelkam Polda Sumsel dan para Kasi dan Kanit Ditintelkam Polda Sumsel.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian penghargaan kepada Kasat Intelkam yang berhasil mereduksi potensi konflik seperti Kasat Intelkam Polres Muara Enim AKP Suandi, Kasat Intelkam Polres OKU Timur, Iptu Toni Zainudin, dan Kasat Intelkam Polres Musi Rawas Utara, AKP Novi Dilhan. (Hadi ST)

error: