Diikuti 19 Peserta, Festival Sendratari Candi Ngempon Digelar Secara Daring

Diikuti 19 Peserta, Festival Sendratari Candi Ngempon Digelar Secara Daring
Festival Sendratari Candi Ngempon 2021 (Ist)

 

SEMARANG – Lembaga Kesenian Kecamatan (LKK) se – Kabupaten Semarang mengadakan Festival Seni Serasi 2021 di Candi Ngempon, Senin (17/10/2021).

Ketua LKK Bergas, Kustono menyampaikan, Festival Seni Serasi 2021 dilaksanakan secara daring dengan tema “SENIMAN BERGERAK”. Acara tersebut menampilkan Sendratari Legenda Candi Ngempon, yang menceritakan sebuah kerajaan besar bernama “Medang” atau kerajaan Mataram kuno di Pulau Jawa yang pernah berjaya pada abad VIII-X Masehi. Keberadaan Candi Ngempon tak lepas dari nama besar kerajaan “Medang”.

Acara yang didukung oleh Dinas Pendidikan Kebudayaan Kepemudaan dan Olah Raga Kabupaten Semarang, Pamong Budaya Kabupaten Semarang, dan 19 Lembaga Kesenian se Kabupaten Semarang.

Candi Ngempon merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Semarang yang berada di Kecamatan Bergas yang wajib kita kembangkan untuk mendukung pariwisata dan untuk mempercepat proses smart city yang sedang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Semarang melalui kearifan lokal seni dan budaya.

Ari Dwi Setyanto, ST, anggota DPRD Kabupaten Semarang mengatakan dengan adanya Festival Seni Serasi 2021 sangat mendukung dan bisa menjadi kalender agenda tahunan baik di Kabupaten Semarang maupun kalender tahunan di tiap Kecamatan dengan mengusung seni budaya kearifan lokal dari Kecamatan masing-masing agar bisa dikemas menjadi sebuah cerita, sebuah karya yang memang bisa dinikmati oleh semua masyarakat maupun wisatawan untuk membangun Kabupaten semarang melalui seni dan budaya.

Ketua LKK Bergas menambahkan dengan adanya Sendratari Legenda Candi Ngempon diharapkan Pemerintah Kabupaten Semarang bisa melaksanakan beberapa kegiatan di Candi Ngempon untuk mendukung agar tempat tersebut lebih dikenal oleh masyarakat luas. Kustono juga berharap pemerintah bisa mengagendakan secara rutin pertunjukan untuk mengangkat wisata Candi Ngempon sebagai brand dari event Pemerintah Kabupaten Semarang.

Pamong budaya Kecamatan Bergas Tri Winarti S.Pd dan juga penulis legenda Candi Ngempon mengatakan terciptanya Sendratari Legenda Candi Ngempon merupakan manifestasi dan kolaborasi dari berbagai unsur masyarakat sesuai kompetensi masing-masing sebagai upaya pelestarian Candi Ngempon sebagai Warisan Budaya Bangsa, dimana pelestarian tersebut mencakup di dalamnya pelindungan, pengembangan dan pemanfaatan. (Yuas)

Tinggalkan Balasan

error: