Portal Jatim

Diguyur Hujan, Beberapa Lokasi di Sumbermalang Terjadi Longsor 

10
×

Diguyur Hujan, Beberapa Lokasi di Sumbermalang Terjadi Longsor 

Sebarkan artikel ini
Diguyur Hujan, Beberapa Lokasi di Sumbermalang Terjadi Longsor 
Unsur dari Polsek Sumbermalang, Koramil, anggota Pusdalops BPBD Situbondo dan anggota Tagana beserta warga melakukan kerja bakti membersihkan material longsoran di Dusun Sumber Tengah RT 02 RW 02 Desa Sumberargo, Kecamatan Sumbermalang. Senin (1/5/2023) pagi

SITUBONDO – Hujan deras disertai petir mengguyur wilayah Kecamatan Sumbermalang, Minggu (30/4/2023) sore, mengakibatkan tanah dan tebing longsor dibeberapa lokasi di wilayah Kecamatan Sumbermalang.

Informasi didapat, tanah dan tebing yang longsor di wilayah Kecamatan Sumebrmalang terjadi di Dusun Sumber Tengah RT 02 RW 02 Desa Sumberargo, dan Dusun Paku Alas Desa Taman Kursi.

Dalam peristiwa tanah longsor di Dusun Sumber Tengah RT 02 RW 02 Desa Sumberargo, menimpa bagian depan rumah milik ibu Sukartini (54). Rumah ini dihuni 1 KK, 2 jiwa.

“Hasil informasi didapat setelah turun ke lokasi, tanah yang longsor dan menimpa rumah warga di Desa Sumberargo terjadi sekira pukul 15.40 WIB, ukuran tanah yang longsor sepanjang ± 7 meter dan lebar ± 3 meter,” ungkap Puriyono, Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo, Senin (1/5/2023) di Situbondo.

Pada saat kejadian, pemilik rumah sedang berada di ruang tamu tiba-tiba terdengar suara gemuruh seperti benda jatuh dan tak lama kemudian material longsoran menimpa rumah bagian depan. “Penghuni atau pemilik rumah itu selamat, sedangkan kondisi rumahnya mengalami kerusakan ringan,” imbuhnya.

Selanjutnya, unsur dari Polsek Sumbermalang, Koramil, anggota Pusdalops BPBD Situbondo dan anggota Tagana beserta warga melakukan kerja bakti membersihkan material longsoran.

“Kerja bakti membersihkan material longsoran sudah tadi pagi sekitar pukul 09.00 WIB,” terang Puriyono.

Diguyur Hujan, Beberapa Lokasi di Sumbermalang Terjadi Longsor 
Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo, Puriyono, di lokasi tebing longsor di Desa Taman Kursi, Kecamatan Sumbermalang.

Masih Puriyono, hujan deras yang terjadi Minggu sore kemarin, juga mengakibatkan tebing dengan tinggi ± 6 meter dan lebar ± 4 meter di Dusun Paku Alas Desa Taman Kursi, longsor.

“Kejadiannya kemarin sore sekitar pukul 16.00 WIB, sedangkan material tebing yang longsor sempat menutup jalan sehingga akses jalan desa itu sementara tidak bisa dilewati,” ungkap Puriyono.

Puriyono menambahkan, warga setempat tadi pagi telah bergotong royong membersihkan material longsoran, sekarang jalan itu sudah bisa dilewati kembali.

“Tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam kejadian tersebut,” ungkapnya.

Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Situbondo berharap kepada masyarakat yang tinggal di wilayah perbukitan agar tetap waspada dan berhati-hati apabila terjadi hujan deras. “Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan serta kerugian yang lebih besar,” pungkasnya. (Kim)