Portal Jateng

Desa Pekunden Menjadi Nominasi 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

14
×

Desa Pekunden Menjadi Nominasi 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Sebarkan artikel ini
Desa Pekunden Menjadi Nominasi 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia
Menparekraf Sandiaga Uno tanda tangani prasasti Desa Wisata Pekunden (Sugito/Portal Indonesia)

BANYUMAS — Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno menetapkan Desa Pekunden, Kecamatan/Kabupaten Banyumas menjadi nominasi dari 75 Desa Wisata Terbaik pada Anugerah Desa Wisata Indonesia 2023. Kunjungan Mas Sandi panggilan akrab Menparekraf ke desa yang terkenal dengan Kampung Nopia Mino tersebut, Minggu (11/6/2023) untuk menentukan 75 nominasi menjadi 10 besar ADWI 2023.

Daya tarik wisata yang dimiliki Desa Pekunden diantaranya Kampoeng Nopia Mino sebagai wisata unggulan, Oemah Gamelan, Kebun Buah Naga, Oemah Batik, Oemah Manggleng, Kampung Garment dan daya tarik wisata yang lainnya. Event tahunan Desa Wisata Kreatif Pekunden diantaranya adalah Gebyar Suran dengan rangkaian kegiatan Bersih Kubur, Kirab Ziarah makam para leluhur, Ratiban, Festival Takir, Pawai dan Atraksi Obor, Ruwat Bumi dan Pagelaran Wayang Kulit semalam suntuk.

Scroll kebawah untuk lihat konten

Setelah mendengarkan paparan di Oemah Djoglo, Mas Sandi bersama Bupati Banyumas, Ketua Tim Penggerak PKK Ny Erna Husein beserta OPD menuju Kampung Nopia Mino yang berjarak sekitar 1 kilometer dengan menggunakan mobil VW. Ribuan warga termasuk anak anak menyambut Mas Menteri.

Di Kampung Mino, Sandiaga bersama Bupati Banyumas dan istri mencoba membuat mini nopia khas Pekunden.

Desa Pekunden Menjadi Nominasi 75 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

“Saya lihat masih banyak peluang untuk dikembangkan, kita harus percepat pembangunan. Tadi sama Bu Bupati saya diajari membuat Mini Nopia (Mino). Kalau di Jepang ada Mochi, disini ada Mino yang kalau dikemas dengan baik ini menjadi satu keunggulan ekonomi kreatif yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sandiaga menyebut Banyumas memiliki potensi yang pariwisata yang menarik, khususnya di sektor kuliner dan seni budaya pertunjukan. Dia mengajak segenap pegiat wisata khususnya kaum muda di Desa Pekunden untuk membuka peluang usaha dan lapangan

“Dengan mengucap Bismillahirohmannirohim, Desa Wisata Pekunden menjadi Desa wisata Terbaik di Jakarta dan di Indonesia,” tegasnya.

Selanjutnya Menparekraf menandatangani prasasti dan dan piagam penghargaan Desa Wisata terbaik kepada kepala Desa Pekunden Suranto, S.Pd.  ( Git )