Portal Sumsel

Danrem 044/Gapo Hadiri Upacara Pengantaran Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/KJ

88
×

Danrem 044/Gapo Hadiri Upacara Pengantaran Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/KJ

Sebarkan artikel ini
Danrem 044/Gapo Hadiri Upacara Pengantaran Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/KJ
Upacara Pengantaran Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/KJ ke wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat bertempat di Dermaga Terminal Peti Kemas (TPK) Pelabuhan Boom Baru Jalan Slamet Riyadi Palembang, Jum'at (18/3/2022).

PALEMBANG — Komandan Korem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika S.I.P M.Si M.Tr (Han), menghadiri upacara pengantaran Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/KJ, ke wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat, di Dermaga Terminal Peti Kemas (TPK) Pelabuhan Boom Baru Jalan Slamet Riyadi Palembang, Jum’at (18/3/2022).

Upacara Pengantaran Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/KJ, ke wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat tersebut, dipimpin langsung oleh Pangdam II/Swj, Mayjen TNI Agus Suhardi, dengan jumlah personil satgas sebanyak 400 orang, berangkat dengan menggunakan KRI Teluk Bintuni 520

Dalam amanatnya, Pangdam II/Swj menyampaikan, dengan penuh rasa bangga, saya mengucapkan selamat kepada segenap Prajurit Yonif Raider 142/KJ, yang telah mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara sebagai Satgas Satuan Organik yang memiliki tugas pokok melaksanakan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial di Provinsi Papua.

“Kepercayaan ini, merupakan kehormatan dan tugas mulia untuk dipertanggungjawabkan serta dilaksanakan dengan sebaik-baiknya,” ujar Pangdam.

Lanjut Pangdam, sebagaimana kita pahami, bahwa pola operasi strategi yang dilaksanakan di Provinsi Papua dan Papua Barat telah mengalami perubahan konsep operasi, dari operasi tempur menjadi tugas Kodim dan Koramil dengan sebutan Satgas Satuan Organik, dimana semua kegiatan operasi dilaksanakan secara humanis/kemanusiaan, dengan melaksanakan kegiatan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial serta menghindari cara-cara kekerasan.

“Lakukan komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah setempat, adakan pendekatan secara persuasif dan bangun kebersamaan dengan semua elemen masyarakat, karena pada dasarnya keberhasilan merebut simpati serta dukungan rakyat merupakan kunci kesuksesan penugasan. Hindari pelanggaran sekecil apapun dalam setiap langkah kegiatan dan tugas, tetap waspada, jangan ceroboh atau menganggap remeh apapun selama di daerah penugasan,” tegas Pangdam.

Tingkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT, sehingga dalam setiap pelaksanaan kegiatan selalu dalam lindungan-Nya. Terapkan protokol kesehatan di manapun kalian berada, untuk mencegah penularan penyakit di daerah penugasan seperti Covid-19, HIV dan malaria, Imbuh Pangdam.

“Saya yakin, dengan dilandasi niat, kesungguhan dan kemampuan sebagai seorang prajurit profesional, tugas ini akan dapat diselesaikan dengan baik. Saya berharap 400 personel dan materiil perorangan/satuan yang saat ini berangkat sampai dengan kembali harus lengkap dan aman,” pungkas Pangdam.

Danrem 044/Gapo Hadiri Upacara Pengantaran Satgas Satuan Organik Papua Yonif Raider 142/KJ

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Gumuruh Winardjatmiko SE, M.B.A, Irdam II/Swj Brigjen TNI Heru Setio Paripurnawan M.D.A, Danrem 042/Gapu, Brigjen TNI Supriono S.I.P MM, Kapok Sahli Pangdam II/Swj Brigjen TNI Muchamad Bayu Hartomo SH, para Asisten Kasdam II/Swj, Pa LO TNI AL dan AU Kodam II/Swj, para Dan/Ka Balakdam II/Swj, Dandim 0418/Palembang Letkol Inf Sumarlin Marzuki S.E, Ketua Persit KCK PD II/Swj beserta pengurus, Dansat Brimob Polda Sumsel Kombes Pol Donyar Kusumadji S.I.K, Danlanal Palembang Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko SE, M.Tr.Hanla, Danlanud SMH Palembang Kolonel Pnb Hermawan Widhianto SE MM, GM. PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Imam Rahmiyadi dan Manager TPK Pelabuhan Boom Baru Adi Saputra.(**/Hadi ST)