Nasional

Daftar Caleg Komedian yang Meramaikan Pemilu 2024

450
×

Daftar Caleg Komedian yang Meramaikan Pemilu 2024

Sebarkan artikel ini
Daftar Caleg Komedian yang Meramaikan Pemilu 2024

JAKARTA — Pemilu 2024 menjadi sorotan dengan keterlibatan nama-nama selebritas Tanah Air, baik dari dunia musik maupun komedi. Selain dari komedian-komedian yang turut serta sebagai calon legislatif (caleg), seperti nama yang sudah tidak asing lagi seperti Eko Patrio yang sebelumnya telah duduk di parlemen, muncul pula nama-nama baru yang langsung mencuri perhatian di Pemilu 2024, salah satunya adalah Alfiansyah Komeng atau yang biasa dikenal dengan Komeng. Berikut adalah daftar beberapa komedian yang turut serta maju sebagai caleg beserta hasil perhitungan sementara dari KPU, pada Selasa (20/2/2024).

1. Eko Patrio
Komedian yang memiliki nama asli Eko Hendro Purnomo ini diketahui maju sebagai caleg DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) DKI Jakarta 1 dari Partai Amanat Nasional (PAN). Hasil perhitungan sementara dari KPU menunjukkan bahwa Eko berhasil mendapatkan 26.483 suara, jumlah yang lebih tinggi dibandingkan dengan aktris Ayu Azhari yang juga berasal dari dapil dan partai yang sama dengannya. Sebelum kembali terjun ke dunia politik sebagai caleg, Eko sebelumnya telah menjabat sebagai anggota DPR RI pada periode 2009-2014.

2. Denny Cagur
Dengan nama asli Denny Wahyudi, Denny Cagur mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari dapil Jawa Barat II dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Pada saat ini, Denny Cagur berhasil meraih 17.101 suara.

3. Narji
Komedian yang terdaftar dengan nama H. Sunarji ini bertarung sebagai caleg DPR RI dari dapil Jawa Tengah X dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Berdasarkan hasil perhitungan sementara dari KPU, Narji berhasil meraih 10.574 suara.

4. Harabdu (Bedu)
Dikenal dengan nama Bedu, komedian berusia 44 tahun ini mencalonkan diri sebagai caleg DPR RI dari dapil DKI Jakarta II dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Sampai saat ini, Bedu berhasil mengumpulkan 9.075 suara.

5. Qomar (Abah Qomar)
Dengan nama terdaftar Abah Qomar, komedian yang sebelumnya pernah menjadi anggota DPR dalam periode 2004-2009 dan 2009-2014, kembali ikut serta sebagai caleg DPR RI dari dapil Jawa Barat VIII dari Partai Amanat Nasional (PAN). Hingga saat ini, Abah Qomar telah meraih 9.075 suara berdasarkan perhitungan sementara dari KPU.

6. Komeng
Pernah menjadi perbincangan dan mencuri perhatian karena foto profilnya di surat suara, komedian dengan nama Alfiansyah Komeng maju sebagai caleg Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI dari dapil Jawa Barat tanpa bergabung dengan partai politik manapun. Komeng berhasil mengumpulkan 1.805.012 suara berdasarkan perhitungan sementara dari KPU.

7. Dede Sunandar
Komedian berusia 33 tahun ini juga turut serta sebagai calon legislatif (caleg) anggota DPRD Kabupaten/Kota dari dapil Jawa Barat Kota Bekasi V dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo).

Pemilu 2024 tidak hanya menjadi ajang politik biasa, namun juga memperlihatkan perkembangan dimana para tokoh publik dari berbagai bidang ikut serta dalam memperjuangkan suara rakyat. Diharapkan kehadiran caleg dari kalangan komedian ini juga dapat membawa warna baru dan kualitas dalam pembangunan politik Indonesia.