Portal DIY

Center for Public Mental Health UGM Perjuangkan Kesadaran dan Dukungan Kesehatan Jiwa

47
×

Center for Public Mental Health UGM Perjuangkan Kesadaran dan Dukungan Kesehatan Jiwa

Sebarkan artikel ini
Center for Public Mental Health UGM Perjuangkan Kesadaran dan Dukungan Kesehatan Jiwa
Wakil DPRD DIY Huda Tri Yudiana kepada awak media usai menerima audiensi (Portal Indonesia/Bambang S)

YOGYAKARTA – Sejumlah akademisi yang tergabung dalam Center for Public Mental Health (CPMH) Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta audiensi ke DPRD DIY, Jumat (16/2/2024). Mereka diterima Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana.

Audiensi juga diikuti perwakilan dari lembaga pemerintah, akademisi, asosiasi profesi serta kelompok advokasi kesehatan jiwa. Hadir pula para tokoh kesehatan mental dari Ghana dan Inggris. Mereka itu kelompok dalam AMHA Network.

Direktur CPMH UGM, Diana Setiyawati menjelaskan, CPMH merupakan salah satu unit di Fakultas Psikologi UGM. Mereka ini fokus terhadap peningkatan kualitas kesehatan mental masyarakat. Sementara AMHA Network sejak Agustus 2023- Januari 2024 melaksanakan serangkaian workshop bersama penyintas dan seniman mengeksplorasi bentuk-bentuk seni sebagai media advokasi kesehatan mental.

Mereka itu datang ke DPRD DIY untuk membahas isu seputar kesehatan jiwa dan kebutuhan mendesak akan peningkatan kesadaran dan dukungan. Karena menurutnya permasalahan seputar kesehatan jiwa maupun penanganan gangguan kesehatan jiwa sejauh ini  belum sepenuhnya menjadi perhatian pemerintah. Bahkan, isu tentang kesehatan jiwa, gaungnya  disebut masih kalah dengan pencegahan stunting dan pemberantasan kemiskinan.

Diana menilai pentingnya kesehatan jiwa sebagai fondasi kesejahteraan dan kemakmuran bangsa. “Kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesejahteraan fisik. Kesehatan jiwa adalah kunci dalam menentukan kualitas dan masa depan bangsa kita,” katanya.

Dalam audiensi kali ini juga dibahas  upaya kolaboratif untuk meningkatkan pendidikan dan kesadaran kesehatan jiwa di masyarakat. Juga perlunya mengatasi stigma dan kesalahpahaman seputar gangguan mental serta mempromosikan budaya dan pengertian dan penerimaan.

Wakil DPRD DIY Huda Tri Yudiana m mengatakan, prinsipnya Dewan mendukung upaya penyadaran masyarakat terhadap kesehatan mental.

Karena itu ia mendesak jajaran Dinkes setempat untuk lebih intensif memberikan pelatihan kepada tenaga kesehatan seputar penanganan kesehatan jiwa.

Huda minta agar pihak Dinkes melatih para perawat dan dokter. Supaya mereka bersikap baik terhadap pasien gangguan jiwa yang ditanganinya. (bams)