Portal DIY

Cak Imin Berharap BUMDes Nantinya Jadi Holding Penopang Ekonomi Nasional

11
×

Cak Imin Berharap BUMDes Nantinya Jadi Holding Penopang Ekonomi Nasional

Sebarkan artikel ini
Cak Imin Berharap BUMDes Nantinya Jadi Holding Penopang Ekonomi Nasional
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (tengah) sedang mengamati kaos pemberian Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, PDT dan Transmigrasi, Ir Harlina Sulistyorini (Bambang S/Portal Indonesia)

YOGYAKARTA – Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar berharap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) ke depannya menjadi holding nasional yang mampu menopang ekonomi rakyat.

“BUMDes-BUMDes  kapasitas entrepreneurshipnya luar biasa. Jangan-jangan BUMN nantinya akan kalah dengan BUMDes-BUMDes di seluruh Indonesia,”  kata Cak Imin, sapaannya, usai memberikan sosialisasi penguatan lembaga BUMDes Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) di Panggungharjo Bantul, Selasa (16/5/2023).

Cak Imin mengaku siap mengusulkan  penambahan dana desa untuk tiap desa hingga mencapai Rp 5 miliar,  dari semula hanya Rp 1 miliar. “Setelah saya hitung-hitung tidak terlalu berat APBN menyediakan Rp 5 miliar. Tahun depan Insyaallah, dana desa mencapai Rp 5 miliar tiap desa,” harapnya.

Ia menilai pengelolaan dana desa selama beberapa tahun terakhir membaik dan tidak banyak terjadi kasus penyalahgunaan anggaran. “Dana desa telah mengubah wajah kepemimpinan desa dan partisipasi pembangunan desa benar-benar dasyat. Terjadi lompatan yang luar biasa,” pujinya.

Padahal dulu, kata Cak Imin,  sejak dicetuskannya UU Desa, terjadi berbagai perdebatan bukan hanya substansi, namun juga implementasinya. Ahli anggaran termasuk ekonom disebutkan sempat meragukan kepala desa jadi subjek utama pembangunan, mengendalikan dan memiliki kewenangan anggaran.

Melalui sosialisasi penguatan lembaga BUMDes Inspiratif di Bantul ini para kepala desa dan pengurus BUMDes yang hadir berkomitmen untuk terus menggerakkan potensi yang dimiliki dalam upaya menopang ekonomi nasional.

Cak Imin berharap pelaku bisnis untuk turut bahu membahu agar pembangunan desa bisa berjalan  secepat-cepatnya. (bams)