Bus Trans Banyumas Diresmikan, Sebulan Tarif Gratis

Bus Trans Banyumas Diresmikan, Sebulan Tarif Gratis
Bus Trans Banyumas resmi dilaunching Minggu (5/12)

PURWOKERTO – Direktur Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi didampingi Bupati Banyumas, Achmad Husein melaunching Layanan Bus Buy The Service (BTS) atau Bus Trans Banyumas, Minggu (5/12/2021) di alun-alun Purwokerto.

Banyumas menjadi salah satu dari lima Kabupaten kota yang mendapat program BTS di tahun ini.

Bupati mengatakan merasa bersyukur dengan adanya Bus Trans Banyumas. Menurutnya itu adalah sebuah berkah bagi masyarakat Banyumas. Dipilihnya Banyumas karena dari segi masyarakat dan perkotaan yang paling memadai.

“Busnya dimanfaatkan dan dipakai, jangan sampai kosong, ini satu bulan masih gratis bisa dimanfaatkan tapi tetap prokes, jaga jarak. Teman-teman konsorsium juga harus disiplin buat kebersihannya dan minta ini karena kepercayaan maka kita hormati dengan tanggung jawab,” kata bupati.

Sementara itu Dirjen Hubdat, Budi Setiyadi mengatakan Banyumas adalah kota ke 10 yang mendapat layanan Buy The Service Trans Banyumas. Menurutnya Pemerintahan Jokowi, sangat serius mengurangi gas buang kendaraan untuk menekan laju perubahan iklim. Sehingga Pemerintah menyediakan layanan angkutan umum yang nyaman dan murah, sehingga masyarakat akan beralih dari sepeda motor, atau kendaraan pribadi ke moda transportasi umum.

Untuk itu pihaknya mendorong kepada Pemerintah Kabupaten Banyumas untuk mensosialisasikan pengunaan moda transportasi umum, khususnya Trans Banyumas. Jika perlu dilakukan pemaksaan, seperti peningkatan tarif parkir kendaraan pribadi.

“Karena kalau meningalkan kendaraan pribadi ke angkutan umum, maka akan banyak manfaatnya. Tidah hanya hari ini, namun juga untuk masa depan, terutama kita mampu mengurangi polusi udara,” kata Budi Setiyadi.

Budi menambahkan untuk tahap awal akan disubsidi untuk meningkatkan minat naik angkutan umum, agar kemacetan berkurang.

Bus Trans Banyumas Diresmikan, Sebulan Tarif Gratis

“Tapi kedepan akan kita lepas, tarif sudah kita garap dan mudah-mudahan 2022 tarif akan kita berlakukan,” ungkapnya.

Nantinya untuk tarif diperkirakan bagi pelajar dan mahasiswa Rp 2.000 dan umum Rp 3.500. Total ada 52 unit, 46 yang operasional dan 6 unit sebagai cadangan, mulai melayani masyarakat Banyumas untuk bepergian di dalam kota Purwokerto, maupun luar Purwokerto atau sebanyak tiga koridor.

Diketahui Bus Trans Banyumas sementara mempunyai tiga Koridor. Koridor satu dimulai dari Pasar Pon, Purwokerto sampai dengan Terminal Ajibarang dan kurang lebih akan ada 13 bus dengan 2 bus cadangan

Koridor dua dimulai dari Notog Patikraja sampai Terminal Baturraden bawah dengan kurang lebih ada 17 unit bus dan 2 bus cadangan.

Koridor tiga dari Terminal Bulupitu sampai dengan terminal Kebondalem dan akan berputar sekitar area perkotaan dengan melewati pusat-pusat pendidikan. (KJ)

error: