Portal DIY

Bupati Sleman Sholat Ied Hari Ini, Wabup Sleman Besok

9
×

Bupati Sleman Sholat Ied Hari Ini, Wabup Sleman Besok

Sebarkan artikel ini
Bupati Sleman Sholat Ied Hari Ini, Wabup Sleman Besok
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo usai sholat Ied, Jum’at (21/4/2023). (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Pemerintah pusat telah menetapkan perayaan hari raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada tanggal 22 April 2023. Namun, Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo melaksanakan sholat Ied pada pagi ini, Jumat (21/4/2023, sedang Wakil Bupati Sleman Danang Maharsa akan melaksanakan sholat Ied Sabtu (22/4/2023).

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo beserta keluarga melaksanakan sholat Ied bersama ribuan warga Muhamadiyah lainya di Lapangan Denggung Sleman dengan imam dan Khotib Kompol Purn. Muhammad Jamaluddin. Sedang Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, akan melaksanakan sholat Idul Fitri Sabtu (22/4/2023) di lapangan Sendangadi, Mlati.

Kustini berharap, meski terdapat perbedaan hari perayaan Idul Fitri 1444 H ini, masyarakat harus tetap menjaga kerukunan, menghargai perbedaan dan saling menghormati antar sesama umat beragama. Ia juga mengapresiasi semua pihak terkait pelaksanaan sholat Idul Fitri pada hari ini yang berlangsung secara aman, tertib dan kondusif.

Usai melaksanakan sholat Ied, Bupati Sleman langsung memimpin peserta sholat Ied lainya untuk membersihkan sampah terutama kerta-kertas yang baru sajak digunakan untuk alas Sholat Ied. Selain memberi contoh warga, langkah ini dilakukan sebagai bentuk ketaatanya terhadap terbitnya Surat Edaran (SE) Bupati Sleman Nomor 024 tahun 2023 tentang Lebaran Minim sampah.

Bupati Sleman Sholat Ied Hari Ini, Wabup Sleman Besok
Bupati Sleman mengambil sampah usai sholat Ied

“Isi utama Surat Edaran Bupati Sleman nomor 024 tersebut adalah pengendalian sampah dalam rangkaian kegiatan hari raya Idul Fitri 2023. Karenanya agar lingkungan tetap bersih, maka usai sholat Ied kami juga terus membersihkan sampah yang ada di lingkungan tempat sholat Ied,” kata Kustini sembari mengambil sampah.

Lebih lanjut Kustini mengatakan, pada Idul Fitri tahun ini Pemerintah Kabupaten Sleman juga akan kembali mengadakan kegiatan open house yang sempat beberapa kali ditiadakan akibat pandemi Covid-19. Bupati Sleman dan Wakil Bupati Sleman akan melaksanakan open hause pada hari Sabtu 22 April 2023 mulai pukul 12.30 sd. 15.30 WIB di Rumah Dinasmya masing-masing.

Sementara Sekda Sleman Hardo Kiswoyo akan menyelenggarakan open hause di rumah pribadinya Padukuhan Kowanan, Kalurahan Sidoagung, Kapanewon Godean, Sleman Sabtu (22/4/2023) mulai pukul 10.00 WIB hingga sore hari. (Brd)