Portal DIY

Bupati Sleman Ajak Kaum Perempuan Lebih Produktif dan Kreatif

8
×

Bupati Sleman Ajak Kaum Perempuan Lebih Produktif dan Kreatif

Sebarkan artikel ini
Bupati Sleman Ajak Kaum Perempuan Lebih Produktif dan Kreatif
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo serahkan bantuan beasiswa kepada sejumlah pelajar di Sleman (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kustini Sri Purnomo menyampaikan rasa terima kasihnya atas kontribusi para perempuan di Sleman yang telah ikut berperan dalam melaksanakan pembangunan sesuai bidangnya masing-masing. Kustini juga mengajak kaum perempuan di Sleman untuk lebih produktif dan kreatif dalam berkarya.

Harapan tersebut disampaikan Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo dalam sambutanya pada acara puncak peringatan Hari Kartini ke-144 yang diselenggaraklan oleh Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia (FPPI) Kabupaten Sleman di Rumah Dinas Bupati Sleman, Selasa (2/5/2023).

Peringatan Hari Kartini di Kabupaten Sleman tahun 2023 ini mengambil tema “Perempuan Berdaya, Cerdas dan Berbudaya untuk Mewujudkan Sleman sebagai Rumah Bersama”. Tema ini dinilai Kustini mampu memberikan semangat tersendiri bagi kaum perempuan dalam mengembangkan kariernya.

Dengan tema itu, Kustini berharap, semangat hari Kartini dapat menjadi kekuatan bagi perempuan untuk memberikan dampak positif bagi diri sendiri maupun lingkungannya.

“Sesuai temanya, maka kami meminta seluruh perempuan di Kabupaten Sleman, tetap berkarya produktif, sehingga seluruh perempuan di Sleman dapat menjadi perempuan yang tangguh, inovatif, dan kreatif. Dengan demikian, kaum perempuan di Sleman bisa menunjukkan bahwa perempuan memiliki peran dan dampak yang besar bagi masyarakat luas,” kata Kustini.

Sementara itu, Ketua DPC FPPI Sleman, Inung Marwoso dalam laporanya mengatakan, puncak peringatan Hari Kartini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendorong terwujudnya kesetaraan dan keadilan gender dalam keluarga hingga lingkup masyarakat.

Bupati Sleman Ajak Kaum Perempuan Lebih Produktif dan Kreatif

Di samping itu, juga untuk menghargai perbedaan dan memiliki jiwa gotong royong dalam mewujudkan Sleman sebagai rumah bersama.

Menurut Inung, dalam rangka Hari Kartini, FPPI telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan. Diantaranya bakti sosial berupa pemberian bantuan kepada sejumlah anak yatim dan duafa, bakti sosial untuk keluarga stunting, serta sosialisasi simulasi keluarga sadar gender dan keluarga ramah anak di 17 Kalurahan se Sleman.

“Dari BAZNAS Sleman juga ada beasiswa untuk siswa SD dan SMP serta penguatan modal kelompok desa prima. GOW juga mendukung deklarasi siaga AMARTA (aman, tertib, terkendali) menolak kejahatan jalanan, serta bantuan tempat cuci tangan untuk pondok pesantren. Semoga kegiatan dan bantuan yang telah dilaksanakan dapat memberikan manfaat untuk masyarakat luas,” ujar Inung.

Puncak peringatan Hari Kartini juga menjadi ajang penyerahan penghargaan kepada kaum perempuan di Kabupaten Sleman. Diantaranya, Bupati Sleman menyerahkan bantuan beasiswa kepada sejumlah siswa SD dan SMP di Sleman.

selain itu, Kustini juga menyerahkan bantuan modal usaha kepada sejumlah warga kurang mampu perekonomianya yang dananya berasal dari BAZNAS Sleman. (Brd)