SIDOARJO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Sidoarjo melakukan peluncuran nama, tagline, logo, dan maskot baru yang digelar di Alun-Alun Sidoarjo pada Jumat (08/03/2024).
Acara Launching dihadiri oleh Forkopimda Kabupaten Sidoarjo, Ketua DPRD Sidoarjo H. Usman, Kapolresta Sidoarjo Kombes Pol Christian Tobing, Dandim 0816 Letkol Guntung Prasetyo, Kadishub Beny Airlangga, Budayawan Sukarno, OPD, perwakilan dari Kejaksaan, serta Pengadilan Negeri Sidoarjo.

Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali dalam sambutannya menyatakan, “RSUD Sidoarjo memberikan pelayanan kepada masyarakat Sidoarjo dan telah menerima penghargaan istimewa sebagai Rumah Sakit Kelas A pertama di Indonesia pada tanggal 23 Oktober 2023.”

Ia juga menjelaskan bahwa nama baru RSUD Sidoarjo diambil dari nama Bupati pertama Sidoarjo, Tjokronegoro, yang merupakan sosok yang dekat dengan masyarakat Sidoarjo dan memiliki peran penting dalam sejarah Kabupaten Sidoarjo.

“Nama ‘Raden Tumenggung Notopuro’ memiliki makna yang sigap, sebagai representasi komitmen RSUD Sidoarjo untuk sigap dalam melayani masyarakat Sidoarjo,” tambahnya.

Bupati juga menetapkan tagline baru RSUD Sidoarjo, yaitu “Profesional dan peduli”.

Dr. Syamsu Rahmadi, Sp.S, M.Kes, selaku Pelaksana Tugas Direktur RSUD Kabupaten Sidoarjo, menyatakan, “Setelah menjadi Rumah Sakit Kelas A, kami berupaya meningkatkan pelayanan baik dari segi SDM maupun layanan di RSUD Sidoarjo dengan strategi positioning, diferensiasi, dan branding.”

Ditambahkannya bahwa hasil peluncuran ini tidak lepas dari dukungan Bapak Bupati Ahmad Muhdlor dalam upaya untuk terus memperbaiki layanan RSUD Sidoarjo.

Proses seleksi nama, tagline, logo, dan maskot RSUD Sidoarjo juga melibatkan partisipasi masyarakat dan tokoh terkait.

Dewan juri yang terdiri dari Bupati Sidoarjo H. Ahmad Muhdlor, S.IP, Drs. Win Hendrarso (mantan Bupati Sidoarjo), Soekarno (Budayawan dan Staf Ahli Bupati), dr. Widodo (ahli manajemen Rumah Sakit), serta Radendra Yudistira (dosen desain komunikasi ITS Surabaya) mengumumkan pemenang sayembara.

Peserta yang menjuarai sayembara ini antara lain Argya Arief Wicaksono (Juara I), Santoso (Juara II), Suharyanto (Juara III), Kuntoro Rido Astono (Juara Favorit), Zaid Al Qodhi (Juara Favorit Tagline), Irhas Prasetio (Juara Favorit Logo), dan Wika Prasetya Raharja (Juara Favorit Maskot).

Acara tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan RSUD Sidoarjo dan semangat pemberian layanan yang lebih baik kepada masyarakat Sidoarjo.