Bupati Salwa Berikan Bantuan Alat Usaha pada 11 Pengusaha Tape

Bupati Salwa Berikan Bantuan Alat Usaha pada 11 Pengusaha Tape

BONDOWOSO|Portal-Indonesia – Bupati Bondowoso Salwa Arifin memberikan bantuan sejumlah alat produksi kepada 11 pengusaha tape di Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso.

Bantuan yang diberikan berupa kompor, alat penapis, kipas angin, timba dan penggiling ragi. Tujuannya, sebagai stimulan untuk meningkatkan produksi pasca pandemi Covid-19.

Kabid Perindustrian, Dinas Koperasi Perindustrian Dan Perdagangan (Diskoperindag) Bondowoso, Agung Nurhidayat menerangkan, total bantuan tersebut sekitar Rp 1 Milyar yang dikucurkan dari APBD awal Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang Industri Kecil Menengah (IKM).

“Ini adalah stimulan untuk pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19, ” katanya saat, Senin (18/10/2021).

Peningkatan kualitas dan produksi tape oleh pengusaha diharapkan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat yang menggantungkan hidupnya dari usaha tape. Terutama, karena selama masa pandemi usaha tape di Bondowoso terpukul sehingga pengusaha terpaksa mengurangi jumlah produksi hampir 60 persen.

“Kalau gulung tikar nggak, tapi mengurangi produksi iya,” lanjutnya.

Pengurangan produksi disebabkan berkurangnya jumlah permintaan akibat pembatasan aktivitas masyarakat yang diberlakukan. ” Tetap eksis cuma ngurangi. Karena kita tahu ya tape kan barang oleh-oleh. Pada saat mobilitas dibatasi, banyak orang yang tidak bisa bergerak. Nggak bisa bawa oleh-oleh, ” paparnya.

Tak hanya di Kecamatan Wringin, bantuan serupa rencananya akan diberikan ke tempat-tempat sentra industri lain secara bertahap. (Sb)

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

error: