Portal Jateng

Bupati Kendal Serahkan Bansos untuk Warga Terdampak Longsor dan Banjir

8
×

Bupati Kendal Serahkan Bansos untuk Warga Terdampak Longsor dan Banjir

Sebarkan artikel ini
Bupati Kendal Serahkan Bansos untuk Warga Terdampak Longsor dan Banjir
Bupati Dico serahkan bansos kepada warga terdampak banjir dan longsor (Ist)

KENDAL – Bupati Kendal, H. Dico M Ganinduto, B.Sc meninjau lokasi bencana alam banjir bandang dan tanah longsor di Desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan, Minggu (9/3/2023).

Usai melakukan peninjauan, Bupati Dico mengatakan, bahwa hari ini beserta OPD terkait mengecek langsung kondisi masyarakat di Desa Kedungboto yang tertimpa musibah banjir bandang dan tanah longsor pada tanggal 8 April 2023 kemarin.

“Dalam kunjungan ini kami menyerahkan bantuan berupa paket sembako, uang tunai kepada warga yang rumahnya terdampak bencana, dan nasi bungkus untuk berbuka puasa bagi warga Desa Kedungboto,” tutur Bupati Dico.

Menurut Bupati Kendal, cuaca ekstrim dan hujan lebat menyebabkan air sungai dalam meluap, sehingga mengakibatkan banjir bandang dan tanah longsor di Desa Kedungboto Kecamatan Limbangan.

Bupati Dico juga mengatakan, dalam peristiwa ini ada 8 rumah yang mengalami kerusakan, yang mana berada di dataran bukit tinggi Dusun Kedungboto dan Dusun Gedeg, Desa Kaliboto.

“Pemerintah Kabupaten Kendal akan memberikan bantuan perbaikan rumah bagi warga yang rumahnya rusak akibat banjir maupun tanah longsor. Selain itu, akan melakukan mitigasi bencana, agar tidak terjadi bencana yang serupa dikemudian hari,” kata Bupati Dico.

Kepada Kendal juga berpesan kepada masyarakat, agar tetap bersemangat dan selalu bergotong royong, serta selalu meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi musim ekstrim.

Sementara itu, Kepala Desa Kedungboto, Ina Kristiani mengungkapkan, bahwa kejadian bencana kurang lebih Pukul 02.00 di Dusun Gedeg dan Dusun Kaliboto. Air mengalir sangat deras ke pemukiman rumah warga yang menyebabkan tanah longsor dan berdampak pada rusaknya beberapa rumah warga.

Dalam kesempatan itu, Ina Kristiani mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kendal dan para pihak terkait, terutama kepada Bupati Kendal yang sudah sangat perhatian kepada warga.

“Saya ucapkan terima kasih Pemkab Kendal, dan terima kasih Pak Bupati Dico, bantuan yang diberikan kepada warga Desa Kedungboto benar-benar sangatlah bermanfaat,” tutupnya. (Pedro)