Bill Gates Pernah Meramal, Cacar Monyet Mulai Menyebar Di Berbagai Negara

Bill Gates Pernah Meramal, Cacar Monyet Mulai Menyebar Di Berbagai Negara
Bill Gates

PORTAL INDONESIA — Dikhawatirkan monkeypox atau cacar monyet sudah mulai menyebar di beberapa negara. Apakah ini bukti bahwa prediksi Bill Gates akurat?

WHO pada Sabtu (21/5), melaporkan 92 kasus terkonfirmasi monkeypox dan 28 kasus lainnya masih diselidiki di berbagai negara. Berdasarkan laporan tersebut, ada 12 negara yang melaporkan kasus tersebut. Selasa (24/5), tiga negara lain melaporkan ditemukannya kasus baru cacar monyet. Sehingga total ada 15 negara yang melaporkan kasus.

Nah, Bill Gates memang rajin berbicara tentang pandemi, termasuk memprediksi situasi di masa depan. Pada akhir tahun 2021, dia menyebut cacar, meskipun dia tidak spesifik tentang cacar monyet.

“Jadi, oke, bagaimana jika seorang bioteroris membawakan cacar ke 10 bandara? Anda tahu, bagaimana dunia akan menanggapinya? Ada epidemi yang disebabkan secara alami dan epidemi yang disebabkan oleh bioterorisme yang bahkan bisa jauh lebih buruk daripada apa yang kita alami hari ini,” ujar Bill Gates dikutip detikINET dari Sky News.

Kemudian pada Februari 2022 silam saat berbicara Munich Security Conference di Jerman, Bill Gates mengatakan calon pandemi di masa depan kemungkinan berbeda akan disebabkan oleh patogen lain yang dengan keluarga virus corona.

Tapi ia menambahkan kemajuan teknologi kesehatan bisa membantu negara-negara mengatasi pandemi ini, jika semuanya mulai sekarang. “Kita akan mengalami pandemi lain. Itu akan menjadi patogen yang berbeda di masa depan,” kata Gates ketika itu.

Tentu apa yang dikatakan oleh Bill Gates itu berdasarkan pengetahuannya dan pengalaman di masa lalu, di mana wabah penyakit berulang kali muncul di dunia. Ia juga menilai, sebenarnya bisa dilakukan langkah pencegahan agar pandemi semacam corona tidak terjadi lagi.

Bill Gates saat berbicara dalam Konferensi TED 2022 menyatakan sebenarnya bisa saja pandemi Corona akan menjadi yang terakhir jika kita mengambil langkah-langkah yang tepat.

Salah satunya, Bill Gates berencana mengguyur dana USD 1 miliar per tahun untuk membentuk kelompok bernama tim GERM, kependekan dari global Epidemi Response and Mobilization. Dibutuhkan pula investasi lebih banyak di sistem kesehatan global serta di bidang riset dan pengembangan.

Tim GERM akan terdiri dari sekitar 3.000 orang. Anggotanya adalah pakar terkait seperti pakar penyakit menular, pakar data, pakar logistik hingga pakar komunikasi dan diplomasi.

Ia membayangkan tim GERM akan segera bergerak cepat dan berkoordinasi dengan berbagai negara jika terdeteksi akan muncul pandemi. Dengan demikian, pandemi bisa dicegah, tidak seperti kasus pandemi Corona.

“Misinya menghentikan epidemi sebelum menjadi pandemi. Saat pandemi Corona melanda, kita seperti kota Roma sebelum ada pemadam kebakaran dan air,” kata Bill Gates mengibaratkan.

error: