Bermodus Petugas PLN, Pria ini Maling di Rumah Warga Ponorogo

Bermodus Petugas PLN, Pria ini Maling di Rumah Warga Ponorogo
Polisi saat mengamankan pelaku pencurian di rumah warga

PONOROGO – Seorang pria berinisial MAD (40) melakukan aksi pencurian di rumah milik Sriwati di Dukuh Krajan, Desa Tumpak Pelem, Kecamatan Sawoo, Kabupaten Ponorogo.

“Pelaku dalam melakukan aksinya, bermodus sebagai petugas PLN,” ujar Kapolsek Sawoo, AKP Joko Suseno saat dikonfirmasi, Kamis (22/9/2022).

Pria tersebut merupakan warga Dukuh Langsatan, Desa Suka Makmur, Kecamatan Ajung, Kabupaten Jember. Pelaku ini baru dua hari datang ke Ponorogo.

“Lalu, pelaku melakukan pencurian di salah satu rumah warga di Kecamatan Sawoo, dengan berpura-pura menjadi petugas PLN. Pelaku modusnya mengecek listrik sehingga dengan mudah masuk rumah warga dan melancarkan pencurian,” imbuhnya.

Saat itu, Sriwati (korban) sedang menghadiri undangan pernikahan, sementara di rumah hanya ada ibunya (mbah Mariyem). Kemudian pelaku masuk rumah dan menggondol sejumlah uang dan barang berharga milik korban.

“Sesampai di rumah, korban mendapati kamar sudah dalam keadaan ‘acak-acakan’. Serta sejumlah uang dan barang ada yang hilang,” bebernya.

Korban langsung melaporkan kejadian ini ke Mapolsek Sawoo. Petugas langsung melakukan penyelidikan dan pengejaran. Alhasil, pihaknya berhasil mengamankan pelaku.

“Adapun barang bukti (BB) yang diamankan yakni uang Rp 1,4 juta rupiah, cincin 2,4 gram, handphone merk Oppo A16, ID card petugas PLN palsu dan motor yang digunakan pelaku melakukan pencurian,” bebernya.

Pun, pelaku mengaku sempat berkonsultasi dengan orang pintar (dukun) untuk melakukan pencurian. Serta sempat sarapan pagi di warung utara Mapolsek Sawoo.

“Pelaku dijerat pasal 362 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara. Kita juga meminta apabila ada warga lain di wilayah Kecamatan Sawoo yang kemalingan agar segera melaporkan,” tandasnya.

error: