Portal Jatim

Bentuk Polisi RW dan Kasat Kamling Guna Respon Cepat Situasi Kamtibmas Hingga Tingkat Desa di Sidoarjo

9
×

Bentuk Polisi RW dan Kasat Kamling Guna Respon Cepat Situasi Kamtibmas Hingga Tingkat Desa di Sidoarjo

Sebarkan artikel ini
Bentuk Polisi RW dan Kasat Kamling Guna Respon Cepat Situasi Kamtibmas Hingga Tingkat Desa di Sidoarjo
Apel Gelar Polisi RW dan Kasat kamling Sidoarjo di Mako Mapolresta Sidoarjo

SIDOARJO — Situasi kamtibmas yang cepat berkembang, harus mendapatkan respon cepat dari semua pihak yang berwenang. Baik itu Polisi, TNI, perangkat desa hingga tingkat RT/RW.

Dengan harapan situasi kamtibmas sampai dengan tingkat desa di wilayah Kabupaten Sidoarjo tetap aman dan kondusif, terlebih lagi menghadapi Pemilu 2024, pada Jumat (19/5/2023) di Mapolresta Sidoarjo berlangsung apel gelar Polisi RW dan Kasat Kamling Kabupaten Sidoarjo.

“Di wilayah Kabupaten Sidoarjo total ada 2.073 RW. Karenanya untuk menyikapi setiap perkembangan situasi kamtibmas di wilayah kita, dengan harapan terciptanya kondusifitas kamtibmas di bentuklah Polisi RW tingkat Kabupaten Sidoarjo sebanyak 1.063 personel didukung dengan Kasat Kamling yang terdiri dari pengurus RT maupun RW,” jelas Wakapolresta Sidoarjo AKBP Deny Agung Andriana.

Dia menambahkan, nantinya Polisi RW akan memperkuat Bhabinkamtibmas yang sudah ada di masing-masing desa atau kelurahan. Dalam melaksanakan perannya Polisi RW dapat berkolaborasi dengan Kasat Kamling Serta Bhabinkamtibmas dan Babinsa, untuk lakukan deteksi dini setiap persoalan kamtibmas yang berkembang.

AKBP Deny Agung Andriana mencontohkan misalnya bila di sebuah desa terjadi gangguan kamtibmas kriminalitas. Maka, Polisi RW ini secepatnya merespon keluhan masyarakat. Sehingga dapat disampaikan ke pimpinan, ataupun dapat ditindaklanjuti langsung oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa, perangkat desa hingga pengurus RT/RW setempat.

Selain itu, dengan dibentuknya Polisi RW dan Kasat Kamling program Kabaharkam Polri ini juga dapat meningkatkan kembali kepercayaan masyarakat kepada Polri yang mengedepankan upaya preemtif guna mewujudkan stabilitas keamanan dalam negeri.