Bentrok Dua Ormas Loreng di Kebumen, 70 Orang Diamankan Polisi

Bentrok Dua Ormas Loreng di Kebumen, 70 Orang Diamankan Polisi
Salah satu mobil GMBI Kebumen yang dirusak oknum anggota PP Kebumen (Ist)

KEBUMEN – Puluhan oknum anggota Ormas Pemuda Pancasila (PP) merusak markas LSM Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (GMBI) di Kebumen, Jawa Tengah, Senin (23/8) siang. Terkait kejadian itu, polisi mengamankan sekitar 70 orang anggota PP.

“Atas kejadian itu, kemudian kami merespons dengan cepat, kami melakukan penangkapan mengamankan sekitar 60 orang Pemuda Pancasila yang kemudian kami bawa ke Mapolres Kebumen untuk kami lakukan identifikasi dan pemeriksaan lebih lanjut,” ungkap Kapolres Kebumen, AKBP Piter Yanottama

Kapolres Kebumen mengatakan para oknum anggota ormas PP mendatangi markas LSM GMBI di Jl Yosudarso, Desa Wero, Gombong dan melakukan perusakan. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu.

Namun lima unit mobil mobil yang diparkir di depan markas GMBI dirusak hingga kacanya hancur. Selain itu, kaca markas GMBI juga dirusak

“Ada lima kendaraan yang diduga milik GMBI yang terparkir di depan kantornya juga rusak. Kaca pecah, kemudian bodi mobil juga penyok-penyok. Kantornya kacanya juga pecah-pecah,” beber Piter.

Sementara itu berdasarkan informasi yang dihimpun Portal lndonesia, penyerangan dan pengrusakan ormas PP Kebumen di Sekretariat GMBI terjadi sekitar pukul 12.15 WIB di Kantor Sekretatiat LSM GMBI Kebumen di Jalan Yos Sudarso No 128 Kel. Gombong RT 02 RW 02 Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen.

Bermula pada pukul 09.00 WIB anggota LSM GMBI Kebumen berkumpul di Kantor Sekretariat LSM GMBI untuk melaksanakan Audensi ke Polres Kebumen.

Pada pukul 10.00 WIB rombongan PP Kebumen lebih kurang 50 orang melakukan pawai menggunakan sepada motor sambil berteriak-teriak di depan Sekretariat GMBI menuju ke Stadion Candradimuka Kebumen.

Pukul 10.58 WIB, perwakilan LSM GMBI Kebumen sebanyak 5 orang yang Fuad Abdurrahman ( Ketua LSM GMBI Distrik Kebumen) berangkat untuk melaksanakan Audensi Ke Polres Kebumen dengan menggunakan mobil Dhaitsu Terios Nopol B – 2775 – FBD .

Pada pukul 12.15 WIB, rombongan PP Kebumen dari Stadion Canradimuka dengan Jumlah lebih kurang 100 orang dengan menggunakan sepeda motor dan mobil menuju ke Gombong langsung melakukan penyerangan dan pengerusakan Kantor Sekretariat LSM GMBI Kebumen dengan menggunakan senjata tajam, batu dan potongan besi.

Akibat peristiwa itu, dua orang anggota LSM GMBI Kebumen mengalami luka ringan dan di bawa ke RS PKU Muhammadiyah Gombong

Kerugian materiil, yakni 1 unit mobil Timor Nopol AD – 7246 -CV mengalami semua kaca pecah, termasuk lampu depan, 1 unit Daihatsu Alya Nopol D – 1091 -AGU semua kaca pecah, 1 unit Honda Jazz Nopol AA – 8164 – NF semua kaca pecah, Daihatsu Strada Nopol R – 1709 -KP semua kaca pecah dan 1 unit Daihatsu Calya Nopol F – 3687 – C mengalami rusak berat dan posisi mobil terbalik.

Bentrok Dua Ormas Loreng di Kebumen, 70 Orang Diamankan Polisi

Kerusakan juga menimpa Kantor Sekretariat LSM GMBI Kebumen, semua kaca dan peralatan kantor pecah, 2 kios serta dibakarnya atribut, spanduk dan kaos berlogo LSM GMBI

Kemudian sekitar pukul 12.30 WIB, anggota PP Kebumen meninggalkan Kantor Sekretariat LSM GMBI. Pada pukul 14.00 WIB rombongan ormas PP dengan jumlah sekitar 70 orang di bawa ke Polres Kebumen dengan menggunakan 2 kendaraan truk Dalmas dan truk dari Brimob Kutoarjo

Terjadinya oenyerangan dan pengrusakan Kantor Sekretariat LSM GMBI Kebumen oleh ormas PP Kebumen merupakan kejadian rangkaian Pemukulan Sdr. Danu Santoso (mengaku oknum wartawan, red) yang dilakukan Anggota PP Gombong, yang sedang di tangani Polres Kebumen, akan tetapi dari Pihak Pengacara Hukum LSM GMBI dianggap ikut campur tangan dalam penyelesaian Kasus tersebut, sehingga terjadilah peristiwa pengrusakan dan penyerangan pada siang tadi.

Sementara hingga berita ini dikirimkan, upaya mediasi dimungkinkan akan ditempuh oleh kedua ormas yang berseteru pada Senin malam ini. (KJ)

Tinggalkan Balasan

error: