Portal Jateng

BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran di Sungai Panolan

494
×

BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran di Sungai Panolan

Sebarkan artikel ini
BBWS Bengawan Solo dan DPUPR Blora Atasi Longsoran di Sungai Panolan
DPUPR Blora inspeksi longsoran di Sungai Panolan (Ist)

BLORA – Jajaran Bidang Operasi dan Pemeliharaan (OP) Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Bengawan Solo berkolaborasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blora mengadakan inspeksi dan uitzet bersama di sejumlah titik lokasi longsoran sungai Bengawan Solo yang berada di Kabupaten Blora, Senin, 24 April 2024.

Kepala Dinas PUPR Ir. Samgautama Karnajaya, MT, menjelaskan inspeksi dan uitzet dilaksanakan di Longsoran Sungai Bengawan Solo pada ruas jalan Ngloram-Gadon, Longsoran Sungai Bengawan Solo di Desa Panolan Kec. Kedungtuban, dan dua titik Longsoran Sungai Batokan di Kel. Ngelo.

“Rencana keempat titik longsoran tersebut akan segera ditangani secara kolaborasi bersama antara Bidang OP BBWS Bengawan Solo dengan Dinas PUPR Kab.Blora,” jelas Kepala Dinas PUPR Kab. Blora Samgautama Karnajaya.

Menurut rencana, pelaksanaan penanganan longsoran tersebut akan dimulai pada Minggu ini sampai dua bulan kedepan bisa segera diselesaikan.

“Yang pertama akan ditangani adalah longsoran ruas jalan Ngloram – Gadon, rencana besok sudah dilakukan mobilisasi material berupa turap baja dan alat berat dalam waktu satu bulan kedepan diharapkan bisa diselesaikan sehingga arus lalu lintas yang melintas pada ruas jalan tersebut dapat segera pulih dan lancar kembali,” bebernya.

Setelah itu dilanjutkan dengan penanganan longsoran di Desa Panolan Kec. kedungtuban dengan konstruksi turap kayu dan urutan serta penanganan longsoran di Kel. Ngelo Kec. Cepu sebanyak dua titik dengan konstruksi talud Bronjong.

“Kami mohon maaf kepada masyarakat sekitar Desa Ngloram dan Desa Gadon, untuk sementara arus lalu lintas kendaraan akan ditutup total selama masa pelaksanaan pembangunan, dan arus akan dialihkan melalui jalan alternatif yang berada di desa Ngloram dan Gadon,” kata Kepala Dinas PUPR Kab Blora.

Inspeksi bersama ini, selain dihadiri langsung oleh Kadinas PUPR Kab.Blora, Ir. Samgautama Karnajaya, MT juga dihadiri Kabid Sumber Daya Air (SDA) Ir. Surat, ST., MT dan Kabid Bina Marga Danang Adiamintara, ST. Sedangkan dari BBWS Bengawan Solo di hadiri oleh PPK OP 4 Satker Bidang OP BBWS Bengawan Solo beserta jajaran staf teknis. (Lin)