Portal DIY

Bawaslu Sleman Tertibkan Puluhan APK di Perlintasan KA

1415
×

Bawaslu Sleman Tertibkan Puluhan APK di Perlintasan KA

Sebarkan artikel ini
Bawaslu Sleman Tertibkan Puluhan APK di Perlintasan KA
Bawaslu Sleman bersama Satpol PP tertibkan APK di perlintasan KA (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sleman menertibkan puluhan Alat Peraga Kampanye (APK) dan bendera partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 yang terpasang di sekitar pintu perlintasan kereta api wilayah kapanewon Gamping, Rabu (27/12/2023.

Penertiban tidak hanya dilakukan oleh para petugas Bawaslu Saja, tetapi juga dibantu sejumlah petugas Satpol PP Kabupaten Sleman dan petugas Panwaslu Kecamatan Gamping.

“Ada puluhan APK yang kami tertibkan sesuai laporan yang disampaikan pihak KAI ke Polda DIY dan diteruskan ke Bawaslu Sleman,” kata Ketua Bawaslu Sleman, Arjuna Al Ichsan Siregar saat penertiban APK dan bendera parpol di pintu perlintasan Patukan, Gamping, Rabu.

Arjuna mengatakan, puluhan APK dan bendera parpol yang ditertibkan tersebut dengan rincian 20 buah bendera, 10 APK, dan satu spanduk. Laporan yang disampaikan pihak KAI ke Polda DIY bahwa puluhan APK dan bendera parpol yang terpasang itu mengganggu pandangan penjaga pintu perlintasan.

Bawaslu Sleman Tertibkan Puluhan APK di Perlintasan KA

“APK dan bendera yang ada dinilai mengganggu atau menghalangi pandangan penjaga perlintasan saat melakukan tugasnya mengoperasionalkan lintasan, sehingga bisa membahayakan pengguna jalan apabila terlambat dalam antisipasi perlintasan,” kata Arjuna.

Proses penertiban APK dan bendera parpol ini, lanjutnya, dilakukan di empat titik pintu perlintasan yang berada di wilayah Kapanewon Gamping.

Yaitu, di jalur Perlintasan Langsung (JPL) 732 Tegalyoso Banyuraden, Barat Stasiun Patukan, JPL 727 Bibis Patukan Ambarketawang, dan JPL 725 Nyamplung Balecatur.

Sebagian besar APK yang ditertibkan ini sebelumnya telah dilakukan proses penanganan pelanggaran oleh Panwaslu Kecamatan Gamping dan telah direkomendasikan ke KPU Kabupaten Sleman untuk ditertibkan.

Puluhan APK dan atribut Parpol yang ditertibkan itu, langsung dibawa ke Gudang Bawaslu Sleman , dan sesuai ketentuan APK itu tidak boleh diambil oleh pemiliknya, melainkan akan dimusnahkan pada saatnya nanti. (Brd)