Portal DIY

Bawaslu Kota Yogyakarta Gandeng BPD DIY dalam Pengelolaan Dana Pilkada

1020
×

Bawaslu Kota Yogyakarta Gandeng BPD DIY dalam Pengelolaan Dana Pilkada

Sebarkan artikel ini
Bawaslu Kota Yogyakarta Gandeng BPD DIY dalam Pengelolaan Dana Pilkada
Pemberian kenang-kenangan dari Bawaslu Kota Yogyakarta, usai penandatanganan kerjasama (Ist)

YOGYAKARTA – Bawaslu Kota Yogyakarta menggandeng PT Bank BPD DIY,  dalam pengelolaan dana hibah Pilkada Kota Yogyakarta tahun 2024.
Penandatanganan perjanjian kerja sama dengan PT Bank BPD DIY Cabang Senopati dilakukan Ketua Bawaslu Kota Yogyakarta Andie Kartala, Senin (25/3/2024).

Andie menjelaskan, kerja sama pengelolaan dana hibah Pilkada Kota Yogyakarta tahun 2024 khususnya penyaluaran anggaran untuk operasional pada Bawaslu Kota Yogyakarta, pengawas kecamatan, pengawas kelurahan hingga pengawas TPS.

Ia menjelaskan pihaknya menerima dana hibah langsung dari Pemkot, untuk pelaksanaan pengawasan pemilihan walikota dan wakil walikota 2024. Dalam pengelolaannya Bawaslu Kota  membutuhkan kerja sama dengan pihak bank yang dinilai berpengalaman dalam hal penyaluran dana sampai dengan tingkat Pengawas Tempat Pengutan Suara (PTPS).

Menurutnya, sebentar lagi tahapan Pilkada akan berjalan, seperti pembentukan badan adhoc di pertengahan April. Sehingga Bawaslu Kota Yogyakarta sangat membutuhkan kerja sama dengan semua pihak termasuk BPD DIY.

Diharapkan dengan kerja sama ini, pelaksanaan pengawasan tahapan Pilkada 2024 dapat berjalan lancar. Khususnya dari segi operasional dan penyaluran dana hibah hingga sampai pada Pengawas TPS.

Kepala Sekretariat Bawaslu D.I. Yogyakarta Screning Yosmar Dano menyampaikan pengaturan terkait bank hibah sudah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK). Masing-masing provinsi diberi kewenangan untuk memilih bank penampung dana hibah.

”Karena dana hibah ini bersumber dari APBD, maka kami memutuskan untuk pengelolaan keuangan hibah tingkat kecamatan sampai ke pengawas TPS menggunakan bank BPD DIY,” tuturnya.

Penandatanganan kerja sama  dihadiri Ketua Bawaslu DIY, Kepala Sekretariat
Bawaslu DIY, Ketua dan Plt. Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Yogyakarta serta jajaran
pimpinan Bank BPD DIY Cabang Senopati.

Berdasarkan Peraturan KPU Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan Dan Jadwal Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur, Bupati Dan Wakil Bupati, Serta Walikota Dan Wakil Walikota Tahun 2024, pemungutan suara sendiri akan dilaksanakan pada  27 November 2024 mendatang. (bams)