Portal Jatim

Bati Tuud Koramil 09/Lumbang Bantu Warga Mengatasi Krisis Air Bersih

13
×

Bati Tuud Koramil 09/Lumbang Bantu Warga Mengatasi Krisis Air Bersih

Sebarkan artikel ini
Bati Tuud Koramil 09/Lumbang Bantu Warga Mengatasi Krisis Air Bersih

 

PASURUAN – Musim kemarau yang ekstrem dalam beberapa pekan terakhir telah menyebabkan krisis air bersih di berbagai wilayah. Dalam upaya untuk membantu warga mengatasi masalah ini, Bati Tuud Koramil 0819/09 Lumbang, Peltu Suherman telah mengambil langkah-langkah proaktif untuk mendapatkan air bersih dampak dari musim kemarau di Desa Bulukandang Kecamatan Lumbang,  Kabupaten Pasuruan, Sabtu (27/05/23).

Musim kemarau yang panjang dan curah hujan yang minim telah mengakibatkan penurunan drastis ketersediaan air bersih, Terutama yang tinggal di daerah terpencil, menghadapi kesulitan dalam memenuhi kebutuhan dasar mereka akan air bersih untuk minum, memasak, dan keperluan sehari-hari lainnya.

Dalam upaya untuk membantu warga yang membutuhkan, Bati Tuud Peltu Suherman telah membentuk tim tanggap darurat. Mereka dilengkapi dengan peralatan dan tangki penyimpanan air yang dibutuhkan untuk mengumpulkan dan mendistribusikan air bersih kepada warga yang membutuhkan.

“Kami telah berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan kelompok sukarelawan lainnya untuk mengidentifikasi daerah-daerah yang paling membutuhkan bantuan. Mereka juga telah mengadakan pertemuan dengan kepala desa dan tokoh masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang kebutuhan air bersih yang mendesak,”ucapnya.

Bati Tuud mengatakan, “Kami menyadari betapa pentingnya air bersih bagi kehidupan sehari-hari warga kami. Dalam situasi krisis seperti ini, kami ingin memberikan bantuan yang nyata kepada mereka yang membutuhkan. Kami siap membantu dalam pengambilan air bersih dan akan berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi kebutuhan warga.”

Selain itu, Koramil 09/Lumbang juga bekerja sama dengan pihak berwenang setempat untuk mencari solusi jangka panjang terhadap krisis air bersih. Mereka telah mengusulkan rencana pembangunan sumur bor dan pengembangan infrastruktur air di wilayah yang terdampak. (yah/hana)