Portal DIY

AstraZeneca Ajak Karyawan Tanam Pohon di Kawasan Wisata Candi Banyunibo Sleman

14
×

AstraZeneca Ajak Karyawan Tanam Pohon di Kawasan Wisata Candi Banyunibo Sleman

Sebarkan artikel ini
AstraZeneca Ajak Karyawan Tanam Pohon di Kawasan Wisata Candi Banyunibo Sleman
Para karyawan AstraZeneca dalam aksinya pada penanaman bibit tanaman (Bambang S/Portal Indonesia)

SLEMAN – AstraZeneca Indonesia bersama seluruh karyawannya berkolaborasi dengan organisasi nirlaba Trees4Trees (T4T) dan National Safety Council (NSC) melakukan program penanaman pohon di situs warisan bersejarah kawasan wisata Candi Banyunibo, Sleman, dengan luas lahan sekitar 2.500 m².

Kegiatan yang dilangsungkan bersamaan dengan program team building, bertujuan merehabilitasi lingkungan dan mewujudkan komitmen perusahaan terhadap target dan ambisi zero carbon by 2025.

Sewhan Chon, Presiden Direktur AstraZeneca Indonesia menyampaikan komitmennya bersama dengan pemerintah dan organisasi non-pemerintah dalam mengupayakan pelestarian lingkungan, dengan melakukan aksi tanam pohon. “Kami berharap kegiatan ini dapat membantu menghijaukan kembali kawasan
Wisata Candi Banyunibo, Sleman,” Kamis (25/5/2025).

Ia menjelaskan, AstraZeneca memiliki program global AZ Forest dan Indonesia menjadi salah satu tujuan program tersebut, dengan target penanaman 20 juta bibit tanamam hingga tahun 2025. “Melalui program ini kami menyadari hubungan langsung antara upaya penghijauan kembali atau reboisasi dan dampaknya terhadap iklim dan kesehatan manusia,” kata Sewhan Chon.

Ia berharap program tahunan ini dapat memberikan andil dalam membantu pemerintah mencapai target dari komitmen untuk Indonesia dengan lingkungan hidup yang semakin berkelanjutan.

Berbagai macam varietas pohon yang ditanam di Candi Banyunibo adalah jenis Damar, Jabon, Jati, Mahoni, Alpukat, Durian, Sawo. Selain itu jenis tanaman hias berupa jenis tanaman pucuk merah.

Sewhan Chon mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan area Banyunibo, serta mendorong pemanfaatan kekayaan sumber daya alam yang dapat membantu memperbaiki perekonomian masyarakat sekitar.Tak hanya pada penanaman pohon, AstraZeneca Indonesia, melalui Trees4Trees (T4T) telah menandatangani perjanjian dengan pengelola kawasan Wisata Candi Banyunibo, untuk pemantauan terhadap tanaman yang telah ditanam dalam kurun waktu setahun ke depan.

Pandu Budi Wahono, Program Manager Trees4Trees mengaku senang dapat kembali melakukan program CSR, melalui kegiatan penanaman pohon di kawasan Candi Banyunibo.

Tahun ini, kerja sama dengan AZ telah memasuki tahun ketiga di DAS Citarum Jawa Barat, dan diharapkan kegiatan di Yogyakarta ini dapat berkontribusi mendukung pemeliharaan lingkungan di sekitar kawasan yang lekat dengan kepentingan budaya masyarakat Yogyakarta. (bams)