Portal DIY

ASN Sleman Tak Ada yang Ajukan WFH

654
×

ASN Sleman Tak Ada yang Ajukan WFH

Sebarkan artikel ini
ASN Sleman Tak Ada yang Ajukan WFH
Pj Sekda Sleman Eka Surya Prihantara (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN- Sampai saat ini, belum ada ASN di lingkungan Pemkab Sleman yang melaporkan terkendala untuk kembali dari temnpat mudik. Para ASN lingkungan Pemkab Sleman yang mudik ke luar daerah pada hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran Selasa (16/4/2024) juga telah masuk kerja.

Hal itu terjadi karena, para ASN Pemkab Sleman yang mudik, sudah merencanakan jauh hari sebelumnya tentang kepulanganya dan mengantisipasi jadwal kembali dengan memperhitungkan potensi penuhnya sarana transportasi maupun kemacetan lalu lintas.

Sehingga pada hari pertama masuk kerja setelah lebaran, semuanya sudah bisa masuk kerja.

“Meski demikian, kami akan terus pantau sampai hari rabu (17/4/2024),” ungkap PJ Sekda Sleman Eka Surya Prihantara, Selasa (16/4/2024), terkait tindak lanjut surat edaran (SE) Menteri PAN RB No 1 tahun 2024 tentang kelonggaran bagi ASN di beberapa instansi tertentu untuk melaksanakan WFH pada 16 sampai 17 April 2024.

Atas nama bupati Sleman, Pj Sekda Slreman mengeluarkan SE Nomor 225 tahun 2024 tentang penyesuaian sistem kerja pegawai ASN setelah libur nasional dan cuti bersama hari raya idul fitri 1445 H di lingkungan Pemkab Sleman.

Eka Surya menjelaskan, SE tersebut dimaksudkan untuk mendukung kerlancaran arus balik dan mengantisipasi potensi kepadatan dan kemacetan lalu lintas pada ruas jalan nasional yang digunakan para pemudik.

“Jadi ini untuk mengatur ASN yang mudik keluar daerah dan jauh, yang kesulitan menempuh perjalanan balik karena kemacetan lalu lintas di sepanjang ruas jalan arus baliknya,” jelasnya.

Keberadaan SE mengatur pemberlakuan sistem kerja dapat dilakukan melalui kombinasi pelaksanaan tugas kedinasan di kantor dalam (Work-From Office/WFO) dan pelaksanaan tugas kedinasan dari rumah (Work Form Home/WFH).

“Pelaksanaan sistem tersebut tentunya dengan beberapa ketentuan, yaitu hanya dilaksanakan selama dua hari tanggal 16 dan 17 april,” ungkap Eka.

Meski demikian, para ASN lingkungan Pemkab Sleman, Selasa (16/4/2024) rata-rata sudah masuk kerja. Hari pertama masuk kerja setelah libur lebaran, Selasa pagi tadi, rata-rata mereka mendatangi pimpinan mereka masing-masing untuk mengucapkan selamat hari raya lebaran serta saling jabat tangan dengan sesama ASN sebagai tanda saling maaf memaafkan.

Sementara Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihjan (BKPP) Kabupaten Sleman Budi Pramono menyatakan, terkait pengawasan dan pengendalian penerapan SE tersebut akan dipantau baik secara administratif melalui catatan e-presensi kabupaten Sleman maupun pemantauan langsung bersama perangkat daerah terkait dikantor-kantor. (Brd)