Asisten III Setda Kota Lubuklinggau Hadiri Rakor Pemetaan Kebutuhan Nakes

Asisten III Setda Kota Lubuklinggau Hadiri Rakor Pemetaan Kebutuhan Nakes
Penyerahan Dokumen Rencana Kebutuhan Tahunan Rencana Kebutuhan SDM Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau 2022 oleh pihak Kementerian Kesehatan kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi. 

LUBUKLINGGAU — Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kota Lubuklinggau, Herdawan mengikuti rapat koordinasi pemetaan kebutuhan tenaga kesehatan (Nakes) dalam rangka pemenuhan tenaga kesehatan melalui pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja(PPPK) tahun 2022 melalui zoom meeting di Command Center, Bumi Silampari Kota Lubuklinggau, Selasa (19/4/2022).

Direktur Perencanaan Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan, Dr Sugiyanto menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang sudah bersedia memenuhi undangan untuk rapat koordinasi pemetaan kebutuhan tenaga kesehatan dalam rangka pemenuhan tenaga kesehatan melalui pengadaan PPPK tahun 2022.

Hal ini sambungnya sangat penting, mengingat pengadaan PPPK tersebut dibebankan kepada APBD, maka diperlukan koordinasi dari Pemerintah Pusat dan Pemda agar kebutuhan tenaga kesehatan di daerah, khususnya di fasilitas kesehatan prioritas daerah dapat terpenuhi. Oleh karena itu, pengadaan PPPK ini sangat tergantung kepada kemampuan keuangan daerah.

Direktur Jenderal Tenaga Kesehatan, drg. Arianti Anaya dalam sambutannya mengatakan saat ini kebutuhan tenaga kesehatan di daerah masih kurang. Para tenaga kesehatan yang tersedia saat ini kebanyakan menumpuk di daerah Barat Indonesia.

Maka dari itu Kementerian Kesehatan mengadakan program Nusantara Sehat yaitu penempatan tenaga kesehatan ke daerah-daerah selama dua tahun.

Namun, hal ini hanya bersifat sementara, maka tugas pemerintah daerah lah yang dapat memenuhi kebutuhan para tenaga kesehatan di daerahnya sehingga mereka bisa menetap dan melayani di fasilitas kesehatan daerahnya masing-masing. Sehingga nantinya, tidak ada lagi fasilitas kesehatan di daerah yang kekurangan tenaga kesehatannya.

Pada kesempatan itu, ada penyerahan Dokumen Rencana Kebutuhan Tahunan Rencana Kebutuhan SDM Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau 2022 kepada Kepala Dinas Kesehatan Kota Lubuklinggau, Erwin Armeidi.

Turut hadir mendampingi Asisten III, Kepala Dinas Kesehatan, Erwin Armeidi, mewakili BKPSDM, mewakili Bappedalitbang, mewakili BPKAD serta mewakili Bagian Organisasi.(Erwin)

error: