Portal Jateng

Asisten I Setda Purworejo, Tandai Berjalannya TMMD 2023

11
×

Asisten I Setda Purworejo, Tandai Berjalannya TMMD 2023

Sebarkan artikel ini
Asisten I Setda Purworejo, Tandai Berjalannya TMMD 2023

 

PURWOREJO – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2023 kembali di gelar di Desa Sedayu Kecamatan Loano Kabupaten Purworejo.Pembukaan di tandai dengan pemukulan kentongan oleh Asisten 1 Setda Purworejo Sutrisno di lapangan Menoreh. Rabu, (10/05/2023).

Selain membuka akases ekonomi masyarakat setempat,TMMD di Desa Sedayu membuka akses wisata menuju Badan Otorita Borobudur ( Glamping de loano ) juga menghubungkan Kabupaten Purworejo menuju Kulon Progo.Sasaran pembangunan merupakan tindak lanjut program TMMD yang sudah terlaksana pada Tahun 2020.

Hadir dalam kegiatan ini Kasi Pers Korem 072 Pamungkas,Kolonel Inf Wawan Indaryanto,. S.Pd.,Komandan Kodim Letkol Inf Yohanes Heru Wibowo,Kapolres Purworejo AKBP Viktor Ziliwu,. SH. S.I.K MM,Asisten 2 Sekda Purworejo Drs Sutrisno (Mewakili Bupati Purworejo),Wakil Ketua DPRD Purworejo Frans Suharmaji,. SH dan Forkompincam Kecamatan Loano.

Dalam keterangannya Asisten 2 Sekda Purworejo Des Sutrisno menyampaikan kegiatan TMMD ini sangat bermanfaat dan frekuensinya dapat di tingkatkan sehingga hasilnya akan lebih bisa di rasakan oleh masyarakat kususnya di daerah pedesaan. Program ini menggairahkan dalam rangka untuk menyelesaikan persoalan yang di alami warga di daerah yang menjadi sasaran TMMD.

“Dengan TMMD kehidupan ekonomi akan menjadi lebih baik, akses pasar bisa menjadi lebih bisa terkendali dan anak sekolah akan menjadi lebih lancar”.Ungkapnya.

Lebih lanjut ,TMMD ini akan bisa menjadi replikasi untuk bisa mendukung pembangunan masyarakat desa melalui program TMMD. Dengan perbaikan akses secara fisik, sosialisasi dan wahana maka akan terbuka lebar untuk mengembangkan wisata di perbukitan Menoreh ini.

“Sinergitas dan kemanunggalan TNI dengan rakyat serta Pemerintah Daerah melalui TMMD, merupakan kekuatan luar biasa untuk memajukan desa, menggali dan mendayagunakan potensi serta mengatasi berbagai isu dan persoalan yang ada, “imbuhnya.

Sementara itu Komandan Kodim 0708 Purworejo melalui Pasi Ter Kapten Infanteri Noor Cholik dalam laporannya menyampaikan dukungan anggaran TMMD Sengkuyung Tahap 1 Tahun 2023 ari APBD Propinsi Jateng : Rp.170.000.000,00,-,dari APBD Kabupaten Purworejo : Rp.150.000.000,00,-,swadaya masyarakat : Rp.25.000.000,00,- anggaran : Rp.345.000.000,00,-.

Sedangkan untuk sasaran TMMD fisik dan non fisik yang meliputi pembangunan jalan rabat beton dengan volume panjang: 350 M,lebar : 4 M,tebal  : 0,12 M. Pembangunan drainase dengan volume panjang : 250 M,lebar : 0.40 M,t inggi :  0.40 M.Pembangunan Box Culvert dengan volume panjang :  12 M,lebar :  0,40 M, dan tinggi :  0,40 M.

Untuk Non Fisik Giat Penyuluhan Wasbang dari Kodim 0708Purworejo,penyuluhan Kebencanaan dari BPBD Kab. Purworejo,penyuluhan tentang Stanting dari Dinas Kesehatan Purworejo dan penyuluhan pernikahan dini dari Kemenag Kab Purworejo.( Fauzi)