BeritaInternasional

Arab Saudi Umumkan Idul Adha Jatuh pada 16 Juni 2024

Redaksi
163
×

Arab Saudi Umumkan Idul Adha Jatuh pada 16 Juni 2024

Sebarkan artikel ini

SAUDI ARABIA – Mahkamah Agung Arab Saudi telah mengumumkan penampakan bulan sabit Dzul-Hijjah, menandakan dimulainya bulan suci Dzul-Hijjah dan jatuhnya Hari Raya Idul Adha pada tanggal 16 Juni 2024.

Pengumuman ini disampaikan pada hari Rabu, 6 Juni 2024 setelah otoritas terkait melakukan pengamatan hilal. Hari Arafah, yang mendahului Idul Adha, akan jatuh sehari sebelumnya pada tanggal 15 Juni.

Idul Adha, yang juga dikenal sebagai Hari Raya Kurban, merupakan salah satu hari raya terpenting bagi umat Islam. Di hari ini, umat Islam akan melaksanakan sholat bersama, berkurban, dan saling berbagi dengan sesama.

Bulan Dzul-Hijjah juga menjadi momen penting bagi umat Islam yang melaksanakan ibadah haji. Sekitar 1,2 juta jemaah haji dari seluruh dunia telah tiba di Arab Saudi untuk melaksanakan rukun Islam kelima ini.

Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi, Tawfiq al-Rabiah, menekankan pentingnya para jemaah untuk mengikuti peraturan dan bekerja sama dengan otoritas terkait. Beliau juga menyampaikan bahwa berbagai fasilitas di situs suci telah ditingkatkan untuk memberikan pengalaman terbaik bagi para peziarah.

Menjelang Idul Adha, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi juga meningkatkan sosialisasi mengenai bahaya haji palsu. Tawfiq al-Rabiah mengimbau masyarakat untuk berhati-hati dan hanya menggunakan agen perjalanan resmi yang terdaftar di Kementerian.

Idul Adha menjadi momen untuk refleksi diri, meningkatkan ketaqwaan, dan memperkuat rasa persaudaraan antar umat Islam. Mari kita sambut Idul Adha dengan penuh khusyuk dan amal kebaikan.