Portal DIY

Amankan Idul Fitri 2023, Polda DIY Terjunkan 1.592 Personil

12
×

Amankan Idul Fitri 2023, Polda DIY Terjunkan 1.592 Personil

Sebarkan artikel ini
Amankan Idul Fitri 2023, Polda DIY Terjunkan 1.592 Personil
Anggota Polda DIY ikuti apel siaga operasi Progo 2023 (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN – Dalam pengamanan Hari Raya Idul Fitri 2023, Polda DIY akan menyelenggarakan Operasi ketupat Progo 2023 dengan menerjukan aparat sebanyak 1.592 personel. Tetapi Jumlah tersebut masih ditambah 1.803 petugas gabungan dari instansi terkait.

“1.592 itu anggota Polri Polda DIY yang ditugaskan untuk melaksanakan operasi Progo pengamanan hari raya idul Fitri tersebut, hanya personel yang masuk dalam Surat Perintah atau sprin. Sedang yang tidak tersprin atau tidak mendapatkan Surat Perintah, masih diperkuat dengan dua pertiga pasukan kekuatan Polda DIY,” kata Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan usai memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Progo 2023 di Halaman Mapolda DIY, Senin (17/4/2023).

Kapolda DIY menambahkan, pada pengamanan Idul Fitri 1444 H tahun ini pihaknya Polda DIY mengedepankan tindakan preemtif, preventif, dan penegakan hukum. Hal ini sesuai dengan mapping dan analisa data dari tahun lalu yang sudah diupdate.

Dari sisi preemtif, Polda DIY sudah melakukan sejumlah perubahan terhadap lokasi-lokasi yang dianggap rawan kecelakaan lalu lintas. Caranya dengan menambah rambu-rambu lalu lintas dan ploting anggota, serta mengatur arus lalu lintas.

“Dari segi preventifnya kita juga menyiapkan pos-pos sebanyak 25 pos, yakni 20 pos pengamanan dan 5 pos pelayanan di seluruh wilayah Jogja,” ungkapnya.

Amankan Idul Fitri 2023, Polda DIY Terjunkan 1.592 Personil
Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal

Kapolda DIY memprediksi arus mudik yang masuk DIY akan terjadi pada 19 April 2023. Sedangkan arus balik diperkirakan terjadi pada 25 April 2023.
Selain pengamanan mudik lebaran, Kapolda juga menyiapkan pengamanan dan pengaturan arus lalu lintas saat memasuki libur lebaran. Apalagi Yogyakarta menjadi salah satu tujuan favorit wisatawan setiap musim liburan tiba.

Kapolda menyebut ada sekitar 36 objek wisata di DIY yang berpotensi dikunjungi masyarakat saat libur lebaran. Utamanya adalah wisata pantai di kawasan Bantul, Kulon Progo, serta Gunungkidul.

“Terkhusus untuk pantai kami melakukan langkah preemtif bersama dengan tim Basarnas terus mengedukasi masyarakat tetap menikmati liburan tapi memperhatikan keamanan,” ujar Kapolda.

Sementara itu, Dirlantas Polda DIY Kombes Pol Alfian Nurrizal menyebutkan, di DIY ada beberapa ruas jalan rawan kecelakaan. Diantaranya, beberapa ruas jalan menuju menuju Pantai Parangtritis, Bantul dan Gunung Kidul. Sedangkan untuk jalur menuju Kaliurang, Sleman, kemungkinan besar hanya kemacetan. Meski demikian, Alfian bertekad mewujudkan Zero Accident pada saat libur lebaran tahun ini.

“Kami juga memperkirakan, mulai lebaran hari kedua, obyek wisata Pantai Parangtritis juga rawan laka laut. Oleh karenanya, kami minta para wisatawan yang berkunjung ke pantai selatan untuk meningkatakn kewaspadaanya dengan mentaati saran-saran dan petunjuk tim SAR pantai selatan,” pesan Alfian. (Brd)