Akun FB Husain Diadukan Ketum GP Ansor Situbondo ke Polisi, Ini Sebabnya

Akun FB Husain Diadukan Ketum GP Ansor Situbondo ke Polisi, Ini Sebabnya
Ketua GP Ansor didampingi Ketua LBH Ansor Situbondo, usai melaporkan akun FB Husain ke Polres Situbondo. 

SITUBONDO — Ketua Umum GP Ansor Kabupaten Situbondo, Yogie Kripsian Sah, didampingi Ketua LBH Ansor Situbondo, Jayadi, SH., mendatangi Polres Situbondo, Jawa Timur.

Kedatangannya untuk mengadukan akun FB Husain yang mengunggah dugaan ajaran sesat seorang Kiai yang mengaku mempunyai ilmu ma’rifat bernama Syarif.

“Ya, terkait hal itu sudah kita adukan ke Polres Situbondo pada Senin (11/4/2022) dini hari,” ujar Yogie (panggilan akrab Yogie Kripsian Sah) saat dikonfirmasi portalindonesia.com, Senin (11/4) siang.

Yogie mengatakan, pihaknya sengaja melaporkan pemilik akun FB Husain, karena unggahan video tersebut sangat berpotensi menimbulkan kegaduhan publik dan menodai kesucian di bulan Ramadhan ini.

Dalam penyebaran video pada unggahan akun FB berdurasi 18 menit 12 detik itu, menayangkan video Kiai Syarif yang memperbolehkan merokok dan hubungan intim dengan istri siang hari di bulan Ramadhan, dan kiai dalam video itu mengatakan apabila mengikuti ajarannya dijamin masuk surga.

Tak hanya itu, caption dalam postingan video yang diunggah akun FB Husain mencatut nama Kabupaten Situbondo. Sebab, dalam penyebaran video pada unggahan akun FB itu bertuliskan, ‘G3MP4R D4T4NG1 4J4R4N S3S4T KY41 SY4R1F S1TUBONDO’.

“Dengan adanya penyebaran video tersebut, nama Kabupaten Situbondo menjadi tercemar. Padahal, peristiwa tersebut, belum tentu terjadi di Kabupaten Situbondo. Kesannya, seakan-akan di Kabupaten Situbondo ada seorang kiai yang mengajarkan ilmu sesat,” tandasnya.

Disinggung penyampaian sang kiai dalam video yang diunggah akun FB Husain, Yogie mengecam keras. “Kami mengecam keras terhadap penyampaian kyai dalam video pada akun FB yang tersebar luas itu,” tandasnya.

Yogie juga menilai akun FB tersebut telah melanggar pasal 28 ayat (2) UU Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

“Oleh karena itu, kami berharap dengan adanya pengaduan ini, Polres Situbondo mau menelusuri akun FB Husain dan memberikan edukasi terhadap masyarakat bahwa dalam bermedia sosial harus berhati-hati dan tidak asal posting agar tidak menimbulkan kegaduhan di masyarakat pengguna media sosial,” pungkasnya.

Sementara Kasi Humas Polres Situbondo, Iptu Achmad Sutrisno membenarkan adanya pengaduan Ketua GP Ansor Situbondo yang didampingi LBH Ansor Situbondo terkait unggahan video akun FB Husain.

“Untuk menindaklanjuti pengaduan tersebut, tim siber Polres Situbondo akan melacak kepemilikan akun FB tersebut untuk dilakukan klarifikasi,” kata Kasi Humas Polres Situbondo kepada awak media. (Kim)

error: