SITUBONDO – Patroli Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Polres Situbondo Polda Jawa Timur berhasil menyelamatkan dua wisatawan yang tenggelam saat bermain kano di Wisata Bahari Pasir Putih Situbondo.

 

Kapolres Situbondo AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, SH, SIK, MH, melalui Kasatpolairud AKP Gede Sukarmadiyasa, SH, MH, menjelaskan kejadian tersebut terjadi pada Minggu, 14 April 2024. Tiga anggota Satpolairud yang sedang patroli, yaitu Aipda Fasigai, Bripka Benny, dan Bripka Fahrul, merespon cepat teriakan minta tolong dari tengah laut dan berhasil menyelamatkan dua wisatawan anak-anak yang tenggelam saat bermain kano bersama orang tua mereka.

Dua kecelakaan terjadi saat bermain kano, di mana seorang wisatawan asal Jakarta, yaitu Bapak Aryo, bersama anaknya. Anaknya tiba-tiba terpeleset dari kano dan jatuh ke air, membuat orang tuanya panik dan berteriak meminta pertolongan. Beruntung, personil Satpolairud yang sedang patroli sigap menolong dan menyelamatkan mereka ke pinggir pantai.

Kejadian kedua melibatkan seorang wisatawan dari Jember yang anaknya melompat dari kano untuk berenang ke tepi laut namun tenggelam. Dengan respons cepat, anggota Satpolairud berhasil menyelamatkan dan membawa mereka ke tepi pantai.

“Kedua wisatawan yang tenggelam berhasil diselamatkan dan kondisinya dalam keadaan sehat setelah diberi pertolongan serta diserahkan kepada orang tua mereka,” ujar AKP Gede Sukarmadiyasa pada hari Senin, 15 April 2024.

Kasatpolairud juga mengimbau para orang tua untuk lebih memperhatikan keselamatan saat beraktivitas di laut, seperti berenang atau bermain kano, dengan menggunakan life jacket atau pelampung.

Dalam kesempatan itu, Bapak Aryo dari Jakarta mengucapkan terima kasih atas pertolongan Satpolairud yang sigap dan responsif dalam menyelamatkan anaknya yang tenggelam saat bermain kano.

“Alhamdulillah anak kami selamat. Saat kejadian, saya panik melihat anak jatuh dan tenggelam, namun berkat kesigapan polisi yang sedang patroli di pantai, anak saya berhasil diselamatkan,” ungkapnya.