SITUBONDO – Afnan, seorang balita berusia 4 tahun, telah berjuang melawan penyakit Kanker Ginjal sejak usia 2 tahun di Desa Buduan, Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo.

Menurut informasi yang dihimpun oleh Portal Indonesia pada Sabtu, 30 Maret 2024, Afnan dan keluarganya telah menjalani perjuangan panjang untuk menyembuhkan penyakit yang menimpa sang buah hati.

Saat ini, Afnan sedang menjalani pengobatan dan kemoterapi di RS Soetomo, Surabaya. Yuli, ibu Afnan, mengungkapkan, “Alhamdulillah, kondisi anak kami semakin membaik meskipun tidak bisa menjalani operasi karena kanker telah menyebar ke tulang.

Dokter menyarankan untuk melanjutkan kemoterapi. Meski begitu, Afnan menunjukkan kemajuan setiap kali menjalani sesi kemoterapi, meskipun terlihat kelelahan.”

Afnan, Balita Penderita Kanker Ginjal Selama Dua Tahun, Harapan dan Permohonan Bantuan Pemerintah dan Dermawan 
Afnan, seorang balita berusia 4 tahun, menderita penyakit Kanker Ginjal bersama Ibunya

“Baru saja Afnan harus dirawat di rumah sakit daerah karena mengalami penurunan kondisi setelah sesi kemoterapi,” tambah Yuli.

Di sisi lain, Kepala Puskesmas Suboh, Sulistyo Budi, S.Kep, Ners, menjelaskan, “Kami telah memberikan pendampingan untuk Afnan selama proses kemoterapi di Surabaya. Kepala Afnan botak akibat efek samping dari obat yang diberikan.”

Dari keseluruhan peristiwa ini, orang tua Afnan sangat berharap agar pemerintah setempat dan para dermawan dapat memberikan bantuan dan dukungan kepada keluarga dalam menghadapi kondisi sulit yang tengah dihadapi oleh Afnan.

Semoga dengan adanya perhatian dan kerjasama dari berbagai pihak, Afnan dapat pulih dan kembali bermain serta tersenyum seperti anak-anak lainnya.