Portal DIY

Dua Paslon Cabup-Cawabup Sleman Ndaftar di KPUD Sleman

Portal Indonesia
74
×

Dua Paslon Cabup-Cawabup Sleman Ndaftar di KPUD Sleman

Sebarkan artikel ini
Paslon Cabup-Cawabup Harda-Danang diwakili Ketua DPC PDIP Sleman Kuswanto menyerahkan berkas pendaftaran kepada Ketua KPUD Sleman Ahmad Baehaki (Brd/Portal Indonesia)

SLEMAN— Sampai hari terakhir pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Sleman, Kamis (29/8/2024), ada dua pasang bakal calon bupati dan calon wakil bupati yang mendaftar di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sleman.

Sehingga dapat dipastikan bahwa Pilkada 2024 di Sleman diikuti oleh dua pasang bakal calon.

Kedua pasang bakal calon bupati dan calon wakil bupati Sleman yang mendaftar di KPUD Sleman tersebut adalah pasangan calon bupati dan wakil bupati Sleman, Harda Kiswaya-Danang Maharsa serta pasangan Kustini Sri Purnomo-Sukamto.

Pendaftar pertama adalah pasangan Harda Kiswaya (mantan Sekda Sleman) – Danang Maharsa (masih menjabat Wakil Bupati Sleman).

Pasangan ini datang ke KPUD Sleman, Kamis pagi dan dikawal ribuan massa dari 12 partai politik yang mengusungnya. 12 parpol Pengusung Harda-Danang ini, terdiri dari 7 Parpol yang memiliki kursi di DPRD Sleman dan 5 Parpol yang tidak memiliki kursi di DPRD Sleman.

Tujuh Parpol pengusung Harda-Danang yang memiliki kursi DPRD Sleman itu, adalah, PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, PKS, PPP dan NasDem, dengan jumlah kursi di Sleman sebanyak 44 Kursi.

Paslon Cabup-Cawabup Kustini-Sukamto diwakili Ketua DPD PAN Sleman Raudi Akmal serahkan berkas pendaftaran kepada ketua KPUD Sleman Ahmad Baehaki (Brd/Portal Indonesia)

Kemudian 5 Parpol pengusung yang tidak memiliki kursi di DPRD Sleman adalah, partai Umat, Demokrat, PSI, Partai Buruh dan partai Gelora. Ke 12 Parpol pengusung Harda – Danang tersebut berkoalisi dengan nama Koalisi Sleman Baru (KSB).

Pendaftaran pasangan Harda – Danang yang diusung KSB ini diterima oleh Ketua KPUD Sleman, Ahmad Baehaki dan seluruh anggota KPUD Sleman.

Setelah dilakukan pemeriksaan, seluruh berkas yang diajukan pasangan Harda-Danang dinyatakan lengkap dan benar.

Sedang pendaftar kedua adalah pasangan Kustini Sri Purnomo (petahana) dan Sukamto. Kedatangan pasangan balon bupati dan wakil bupati Sleman Kustini –Sukamto ke KPU Sleman diantar oleh ratusan massa.

Baca Juga:  Tingkatkan Penerapan ETPD, Pemkab Sleman Luncurkan Kartu Kredit Pemerintah Daerah

Dalam pendaftarannya, pasangan Kustini-Sukamto diusung oleh 5 Parpol. Yaitu satu partai peraih kursi di DPRD Sleman yaitu PAN ytang di DPRD Sleman memiliki 6 kursi, serta 5 Parpol tidak memilikikursi DPRD Sleman. Yaitu Perindo, Garuda, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN dan Partai Bulan Bintang (PBB).

Kedatangan pasangan Calon Bupati dan wakil Bupati Sleman Kustini-Sukamto ini juga diterima oleh Ketua KPUD Sleman Ahmad Baehaki dan para anggotanya. Berkas yang diserahkan oleh pasangan Kustini-Sukamto oleh KPUD Sleman juga dinyatakan lengkap dan benar.

Tahapan berikutnya, kedua pasang bakal calon bupati dan wakil byupati Sleman ini, adalah melakukan pemeriksaan kesehatan yang akan dilaksanakan di RSUD Sleman, Jumat (30/8/024). (Brd)

 

*) Ikuti Berita Terbaru Portal Indonesia di Google News klik disini dan Jangan Lupa di Follow.