Portal Jatim

KKN UPM Optimalisasi Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat

Redaksi
66
×

KKN UPM Optimalisasi Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat

Sebarkan artikel ini

PROBOLINGGO – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Panca Marga (UPM) menggelar kegiatan Optimalisasi Pengelolaan Sampah Terpadu Berbasis Masyarakat di Desa Curahsawo.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran warga dalam menjaga kebersihan lingkungan, sebagai salah satu upaya pencegahan berbagai penyakit, termasuk demam berdarah yang tengah meningkat di Kabupaten Probolinggo.

Kebersihan lingkungan merupakan isu penting yang terus disuarakan oleh pemerintah setempat, termasuk kebiasaan sederhana seperti mencuci tangan dan membuang sampah pada tempatnya.

Hal ini penting guna mencegah penumpukan sampah yang dapat menjadi sarang nyamuk Aedes aegypti, penyebab demam berdarah.

Lingkungan yang bersih dan terkelola dengan baik sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan lingkungan yang terjaga kebersihannya, kesehatan masyarakat dapat lebih terjamin, sementara kehidupan sehari-hari menjadi lebih nyaman dan aman.

Sebagai bagian dari kegiatan ini, program “Pengadaan Tempat Sampah” diadakan dengan harapan masyarakat Desa Curahsawo lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan sekitar.

Dengan ketersediaan tempat sampah, masyarakat diharapkan semakin terbiasa membuang sampah pada tempatnya. Manfaat dari tindakan sederhana ini sangat luas, mulai dari menjaga estetika lingkungan, mencegah banjir akibat penumpukan sampah, hingga meningkatkan kualitas hidup warga.

Diharapkan, inisiatif ini dapat memberikan dampak positif yang berkelanjutan dan membantu menuntaskan berbagai permasalahan lingkungan yang dihadapi desa.

Penulis: KKN UPM Desa Curahsawo

*) Ikuti Berita Terbaru Portal Indonesia di Google News klik disini dan Jangan Lupa di Follow.

Baca Juga:  Sosialisasi dan Olahraga, Dua Langkah Satpol PP Situbondo Melawan Rokok Ilegal