Portal Jatim

Tampil Memukau, Karang Taruna Tunas Muda Berkarya dari Kelurahan Sebani di Acara Gadingrejo Etnic Carnival 2024

Redaksi
147
×

Tampil Memukau, Karang Taruna Tunas Muda Berkarya dari Kelurahan Sebani di Acara Gadingrejo Etnic Carnival 2024

Sebarkan artikel ini
Para pemuda dari Kelurahan Sebani, saat menampilkan karya seni tari dan budaya Bali di acara Gadingrejo Etnic Carnival

PASURUAN — Kelompok pemuda atau warga yang tergabung dalam Karang Taruna Tunas Muda Berkarya asal Kelurahan Sebani, Kecamatan Gadingrejo, Kota Pasuruan, turut berpartisipasi di acara Gadingrejo Etnic Carnival 2024, Sabtu (10/8/2024) malam.

Acara tersebut digelar dalam rangka untuk mengisi sekaligus memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 79 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, dan diikuti sebanyak 13 peserta dari 8 kelurahan yang ada khususnya diwilayah Gadingrejo, Kota Pasuruan.

Dari 8 kelurahan yang ikut berpartisipasi di acara itu diantaranya meliputi Kelurahan Sebani, Petahunan, Randusari, Gentong, Bukir, Krapyakrejo, Karangketug dan Kelurahan Gadingrejo.

Tidak mau kalah dengan kelurahan yang lain, performs dan parade dari Karang Taruna Tunas Muda Berkarya melalui tema Balinese Traditional Culture itupun tampil memukau dihadapan ratusan penonton yang hadir hingga para warga disepanjang jalan yang dilalui parade atau karnaval.

Para pemuda Kelurahan Sebani, yang tergabung dalam Karang Taruna Tunas Muda Berkarya

“Tema yang kita bawakan kali ini adalah tari kecak dari Bali, karena ada keunikan tersendiri sehingga menjadi pilihan teman teman semua termasuk partnya itu mudah untuk didapat”, ujar Mokh. Fatoni, selaku Ketua Karang Taruna Tunas Muda Berkarya dari Kelurahan Sebani.

Untuk rute yang dilalui dalam acara Gadingrejo Etnic Carnival, start dimulai dari Pasar Mebel Randusari lalu melintasi disepanjang jalan Gatot Subroto dan finish di UPT. Kayu Pasar Mebel Bukir, Kota Pasuruan.

“Kita persiapan hampir dua bulan, dari kita mulai cari kostum, latihan hingga pendanaan. Dan yang ikut terlibat didalamnya itu lima puluh lima (55) orang di giat karnavalnya, lalu untuk krunya ada dua puluh (20) orang”, paparnya.

Diketahui, bahwa kegiatan karnaval itu sendiri tidak lain adalah bertujuan untuk menggugah semangat para warga atau masyarakat terutama para pemuda agar ikut berpartisipasi dalam meramaikan suatu acara yaitu melalui karya seni dan budaya yang diusung masing masing peserta.

Baca Juga:  Pembukaan Grebeg Suro 2024 Ponorogo, Bupati Kang Giri: FNRP Hattrick Masuk Agenda KEN

“Harapan kedepan, semoga karang taruna kita lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas khususnya warga Sebani termasuk warga Kecamatan Gadingrejo. Dan ini juga untuk mengkompakkan semua pemuda yang ada di Kelurahan Sebani agar makin guyub dan rukun”, harapan Mokh. Fatoni.

Adapun para tamu yang hadir dalam acara Gadingrejo Etnic Carnival itu, Asisten I (bidang pemerintahan dan kesra) Kota Pasuruan yaitu Yanuar Afriansyah, Camat Gadingrejo, Ketua MPKT (Majelis Pertimbangan Karang Taruna), Lurah dan para Karang Taruna se Kecamatan Gadingrejo, tokoh agama, toko masyarakat dan tamu yang hadir lainnya.

Hingga digelarnya acara, mulai dari pemberangkatan atau start di daerah Kelurahan Randusari sampai ke tempat finish di Kelurahan Bukir, semuanya berjalan dengan lancar. Ditambah antusias masyarakat yang ikut berpartisipasi termasuk warga yang menonton di pinggir-pinggir jalan, membuat acara itu makin terlihat semarak. (Eko)

*) Ikuti Berita Terbaru Portal Indonesia di Google News klik disini dan Jangan Lupa di Follow.