Portal Jateng

Gedung DPRD Baru Banyumas Diresmikan

Portal Indonesia
87
×

Gedung DPRD Baru Banyumas Diresmikan

Sebarkan artikel ini
Sejumlah anggota DPRD Kabupaten Banyumas dan Setwan berfoto bersama di gedung DPRD Banyumas yang baru (Portal Indonesia/Sutrisno)

PURWOKERTO – Kendati progres pembangunan belum selesai sepenuhnya, gedung DPRD baru Kabupaten Banyumas diresmikan, Senin (29/07/2024). Peresmian mendesak dilakukan dengan pertimbangan, sederet agenda HUT RI bisa dilakukan di gedung baru.

Hal itu disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pemerintahan, Pemkab Banyumas Junaedi, dalam sambutannya. Progres pembangunan di tahun 2024 ini kurang lebih sudah sampai 45 persen.

“Masih menyisakan pekerjaan arsitektural dan MEP di zona A dan C, serta ke depannya diperlukan penyempurnaan areal landscape, pengadaan genset, dan furnitur untuk masing-masing ruangan,” terangnya.

Selanjutnya, agenda paling dekat untuk digunakan adalah ruang paripurna. Terutama pada saat Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke 79 bulan depan. Selain itu, diusahakan pelantikan anggota DPRD terpilih, bisa diselenggarakan di gedung baru.

Diketahui, gedung DPRD baru yang berada di kawasan Manara Teratai Purwokerto, dibangun diatas lahan seluas 20.250 ha. Sedangkan luas bangunan seluas 9.350,59 m².

Terdiri dari tiga zona, yakni zona A (sisi utara) bagian ruang Pimpinan dan Sekretariat. Zona B (sisi tengah) untuk ruang rapat dan ruang paripurna, sedangkan zona C (sisi selatan) yakni ruang fraksi dan komisi, serta penyimpanan alat dan lain-lain.

Semebtara itu, Ketua DPRD Kabupaten Banyumas dr Budhi Setiawan menyampaikan, pembangunan gedung DPRD baru ini sebagai wujud komitmen pemerintah daerah dalam memberikan ruang kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi.

Selain itu, kata dia, untuk memfasilitasi kinerja DPRD karena gedung lama sudah termasuk terbatas, baik ruang maupun fasilitas pendukungnya. “Karena gedung lama itu dibangun tahun 1960, ya kalau dulu termasuk bangunan megah, tapi kalau sekarang ruangnya kurang,” katanya.

Dia berharap, dengan gedung baru dan fasilitas baru, para anggota DPRD baru, bisa meningkatkan kinerjanya. (trs)