Portal Jatim

Pembukaan Car Free Night Dipadati Ribuan Pengunjung, Geliat Ekonomi Warga Mulai Tampak

Redaksi
566
×

Pembukaan Car Free Night Dipadati Ribuan Pengunjung, Geliat Ekonomi Warga Mulai Tampak

Sebarkan artikel ini
Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan bersama para OPD, turut bergabung dan mendendangkan lagu dengan seniman (musisi) Kota Pasuruan

PASURUAN — Pemerintah Kota Pasuruan, Jawa Timur secara resmi telah melaunching kegiatan perdana Car Free Night sekaligus Car Free Day di jalan Pahlawan, Kelurahan Pekuncen, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan, Sabtu (6/7/2024) malam.

Acara yang terpusat di Gedung Harmonie itu dibuka langsung oleh Walikota Pasuruan, Saifullah Yusuf bersama Wakil Walikota Adi Wibowo, dan diikuti seluruh jajaran perangkat daerah hingga tingkat kelurahan.

Sebelum pembukaan, acara diisi dengan rangkaian kegiatan seperti seremonial, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Resik-Resik, dan tarian Payung Madinah. Lalu dilanjutkan pawai keliling dari jalan Pahlawan menuju jalan Slagah-Diponegoro-WR. Supratman dan kembali ke titik awal.

Para pengunjung, menyerbu lapak Bazar UMKM di depan P3GI (Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia) Kota Pasuruan

Dalam kesempatan itu, Walikota Pasuruan Saifullah Yusuf atau yang akrab dengan sapaan Gus Ipul menyampaikan bahwa kegiatan Car Free Night dan Car Free Day itu akan digelar setiap dua Minggu sekali.

“Ini kebetulan menyambut tahun baru Islam sekaligus membuka suatu event mingguan, yang mana dalam tahapannya kita buat dua Minggu sekali. Untuk Sabtu malam Minggu Car Free Night dan Minggu paginya Car Free Day”, kata Walikota Gus Ipul.

Tidak hanya menghidupkan suasana di Kota Pasuruan, kegiatan tersebut menurut Gus Ipul juga dimaksudkan untuk mendongkrak roda perekonomian masyarakat agar lebih meningkat dan bisa naik kelas.

Adapun kelompok masyarakat yang ikut dilibatkan didalam acara tersebut, diantaranya para pelaku UMKM melalui kegiatan Bazar, para seniman baik melalui musik maupun tari, termasuk dari komunitas reptil dan juga sepeda ontel tua juga turut terlibat didalamnya.

Tak khayal, antusias para pengunjung baik dari Kota Pasuruan maupun warga dari luar seperti Kabupaten Pasuruan juga turut meramaikan acara hingga memadati disepanjang jalan Pahlawan, Kota Pasuruan.

Baca Juga:  Kirab dan Jamasan Pusaka Grebeg Suro 2024 Ponorogo, Bupati Sugiri: Simbol Keteladanan Untuk Rakyat

Sementara untuk arus lalu lintas, pihak kepolisian bersama Dinas Perhubungan Kota Pasuruan telah mengalihkan arus kendaraan ke beberapa jalur lainnya.

“Kita lihat seksama semua antusias, dan memang ini tahap pertama jadi masih ada kurangnya tentu nanti akan kita sempurnakan di minggu minggu berikutnya”, ujarnya.

Perlu diketahui bersama, bahwa untuk jadwal Car Free Night dibuka setiap dua Minggu sekali yakni pada Sabtu malam mulai pukul 17.00 WIB (sore) hingga pukul 22.00 WIB (malam). Kemudian untuk Car Free Day, dibuka pada Minggu pagi yakni mulai pukul 05.00 WIB (pagi) hingga pukul 10.00 WIB (pagi).

“Yang jelas kita harapkan, ini menjadi suatu hiburan bagi seluruh kalangan dan juga usia sekaligus ini bisa menggerakkan perekonomian dan juga meningkatkan kualitas UMKM serta mendorong seniman kita untuk terus berkreasi dan berkarya”, papar Walikota.

Disisi lain, Gus Ipul juga membranding sepanjang jalan Pahlawan menjadi destinasi wisata baru dengan sebutan Heritage in Harmonie. Dan nantinya, itu akan terintegrasi dengan wisata lainnya seperti wisata religi dan juga bahari kedepannya.

“Ini nanti kita akan jadikan semacam wisata edukasi, tinggal kalau P3GI (pusat penelitian perkebunan gula indonesia) sudah siap dan kita akan terus adaptasikan dan sosialisasikan kepada masyarakat”, pungkasnya.

Acara Car Free Night, adalah merupakan suatu kegiatan dimana semua unsur dan elemen masyarakat dapat berkumpul bersama dalam menikmati malam yang bebas dari polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor. (Eko)

*) Ikuti Berita Terbaru Portal Indonesia di Google News klik disini dan Jangan Lupa di Follow.