Portal DIY

Pilkada di Yogya Harus Jurdil, Aman dan Damai

Portal Indonesia
35
×

Pilkada di Yogya Harus Jurdil, Aman dan Damai

Sebarkan artikel ini
Anggota DPRD DIY Eko Suwanto dalam penjelasan kepada awak media (Portal Indonesia/Bambang S)

YOGYAKARTA – Anggota DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan menyebut banyak hal yang harus dipastikan guna mewujudkan pemilihan umum bermartabat dan  berbudaya.

Menurutnya pilkada serentak 27 November 2024, termasuk di Yogyakarta harus berlangsung aman dan nyaman. “Mari tetap jaga kerukunan dan keamanan bersama,” ajak Eko di Gedung DPRD DIY Jalan Malioboro, Rabu (16/10/2024).

Ia berharap besar di pilkada 27 November nantu bisa berlangsung lancar dan aman serta diikuti warga dengan suka cita.

Menurut Eko komitmen bersama harus dijalankan semua pihak, baik penyelenggara pilkada hingga seluruh paslon yang berkontestasi.

“Ingat, kelak setelah coblosan sudah masuk akhir tahun. Yogyakarta jadi tempat kunjungan wisata butuh rasa aman dan nyaman.” sebutnya.

Sesuai tahapan proses pemilihan kepala daerah, sejumlah prasyarat jalankan sesuai aturan harus terpenuhi. Di antaranya bagaimana memastikan daftar pemilih tetap yang benar dan akurat.

“Tentu saja pengawasan oleh media penting guna tegakan demokrasi, sampaikan kebenaran. Kita apresiasi media yang komitmen kuat mengawal demokrasi dalam Pilkada 2024,” kata Eko.

Ia menyebutkan pilkada bermartabat dan berbudaya bisa mewujud tatkala penyelenggara, baik KPU, Bawaslu bisa profesional dan taat hukum. “TNI dan Polri netral, termasuk aparatur sipil negara,” pintanya.

Ia mengajak semua komponen masyarakat turut awasi bersama proses pemungutan dan penghitungan suara dalam pilkada nantinya. Serta dukung setiap langkah penegakkan hukum, dan tatkala terjadi pelanggaran aturan dan tentu saja bijak dalam bermedia sosial. (bams)

*) Ikuti Berita Terbaru Portal Indonesia di Google News klik disini dan Jangan Lupa di Follow.

Baca Juga:  Dewan Minta Pemda DIY Tingkatkan Anggaran