Portal DIY

Pemuda Katolik Sleman Bantengi Generasi Z Terhadap Berita Hoax

Portal Indonesia
54
×

Pemuda Katolik Sleman Bantengi Generasi Z Terhadap Berita Hoax

Sebarkan artikel ini

 

YOGYAKARTA – Untuk memberikan pemahaman kepada generasi Z dalam membentengi diri terhadap berita-hoax, serta bagaimana generasi Z menjadi generasi anti hoax dan anti fitnah perlunya dilaksanakan Tular Nalar Sekolah Kebangsaan. Kegiatan dilaksanakan di Aula SMA Pangudi Luhur St.Yusup Yogyakarta, Rabu (9/10/2024).

Acara diikuti 156 peserta. Dalam kegiatan ini peserta diharapkan mampu memahami tentang demokrasi, pemilu dan sanksi. Sehingga mereka mendapatkan imun atau kekebalan dalam menerima informasi dan bijak serta bertanggung jawab saat menjadi pemilih, maupun menyebarkan informasi. Dengan demikian diharapkan peserta dapat mengantisipasi berbagai ancaman hoaks dan disinformasi dengan edukasi penginderaan hoaks.

Tular Nalar diciptakan untuk membantu meredam laju onfodemik yang ramai beredar. Kegiatan ini dilengkapi  berbagai materi mengenai cara berfikir kritis yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Acara dilaksanakan Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman bekerjasama dengan SMA Pangudi Luhur St. Yusup Yogyakarta,  didukung oleh Love Frankie dan Google.org.

Dionisius Agung selaku PIC Program Sekolah Kebangsaan ini menyebutkan Pemuda Katolik berkomitmen menjalankan program dengan mendalam dan informatif bagi peserta dalam kolaborasinya bersama Tular Nalar.

“Sebagai mitra Tular Nalar, kami Pemuda Katolik Komisariat Cabang Sleman berkomitmen untuk memberikan pendampingan yang mendalam dan bermanfaat bagi generasi muda dalam rangka mencegah potensi persebaran hoaks, terutama menjelang Pilkada di Wilayah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Tahun 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024,” kata Agung.

Dalam proses pembelajaran para peserta membentuk kelompok dan dalam satu kelompok ada satu orang fasilitator yang memberikan materi. Pelatihan ini dikemas dengan diskusi dan keseruan games. (bams)