Portal Jatim

Pucuk Pimpinan DPRD Kota Pasuruan 2024-2029 Resmi Dilantik dan Disumpah, Berikut Nama dan Asal Partainya

Redaksi
387
×

Pucuk Pimpinan DPRD Kota Pasuruan 2024-2029 Resmi Dilantik dan Disumpah, Berikut Nama dan Asal Partainya

Sebarkan artikel ini

PASURUAN – Pelaksanaan rapat paripurna dengan agenda Pengambilan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kota Pasuruan masa jabatan 2024-2029 digelar pada Rabu (9/10) malam.

Acara yang berlangsung di ruang rapat kantor DPRD Kota Pasuruan itu, dihadiri oleh seluruh anggota dewan terpilih, Pjs. Walikota Pasuruan, Forkopimda, NGO, para rohaniawan dan dari unsur lainnya.

Berdasarkan surat keputusan (SK) Gubernur Jawa Timur nomor: 100.3.3.1/993/KPTS/011.2/2024 tertanggal 8 Oktober 2024 Tentang Peresmian Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pasuruan masa jabatan 2024-2029.

Maka dari beberapa pucuk pimpinan DPRD Kota Pasuruan yang resmi dilantik dan diambil sumpah/janji itu diantaranya H. Muhammad Thoyib dari partai Golkar menjabat sebagai Ketua, lalu H. Ismail Marzuki Hasan dari partai PKB sebagai Wakil Ketua I, dan Muhammad Gatot Adidoyo dari PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua II.

Dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Kota Pasuruan yaitu M. Thoyib mengucapkan rasa terima kasih kepada para hadirin dan tamu undangan yang hadir terutama semua anggota legislatif selama masa pimpinan sementara berlangsung termasuk Pjs Walikota Pasuruan.

“Perkenankan kami pada kesempatan ini, yang pertama mengucapkan terima kasih kepada seluruh hadirin dan tamu undangan sekalian yang hadir. Kedua, terima kasih juga kami sampaikan kepada semua anggota legislatif masa jabatan 2024-2029 yang telah menyelesaikan beberapa agenda selama masa pimpinan sementara”, ucapnya.

Disisi lain, M. Thoyib juga mengucapkan apresiasi kepada pihak aparat keamanan yang ada sehingga selama pelaksanaan pelantikan anggota, pimpinan sementara hingga pengucapan sumpah pimpinan definitif dapat berjalan dengan aman, lancar dan kondusif.

Dan usai ditetapkan sebagai pimpinan definitif, dalam hal ini M. Thoyib bersama pimpinan dan anggota DPRD yang lain dalam waktu dekat akan membentuk alat kelengkapan dewan (AKD) termasuk pembahasan APBD 2025.

Baca Juga:  Kades Sidokerto Dilaporkan ke Kejari Sidoarjo, GMPI Ungkap Dugaan Penyalahgunaan Tanah Gogol Gilir

“Sementara yang akan kita lakukan adalah membentuk AKD, dan disamping kita orientasi juga segera untuk membahas APBD 2025 pada awal November 2024”, terangnya.

Pada kesempatan yang sama, Pjs Walikota Pasuruan yaitu Dr. Lilik Pudjiastuti mengucapkan selamat dan selanjutnya mengajak kepada para pimpinan beserta anggota DPRD Kota Pasuruan kedepan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan sepenuh hati.

Sekaligus berpedoman pada nilai nilai Pancasila, serta menajalankan amanat UUD 1945 demi menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Sebagai pimpinan dan anggota DPRD Kota Pasuruan, kiranya dapat memperkuat fungsi dasar dari DPRD itu sendiri baik dalam fungsi pengawasan, menyetujui anggaran, serta dapat melahirkan produk produk Perda beragam yang berpihak pada kepentingan Rakyat”, paparnya. (Eko)

*) Ikuti Berita Terbaru Portal Indonesia di Google News klik disini dan Jangan Lupa di Follow.