Portal Jateng

Daop 6 Yogyakarta Sterilkan Bong Suwung

Portal Indonesia
43
×

Daop 6 Yogyakarta Sterilkan Bong Suwung

Sebarkan artikel ini
Petugas KAI Daop 6 Yogyakarta saat membongkar bangunan di kawasan Bong Suwung (Ist,)

YOGYAKARTA – Petugas KAI Daop 6 Yogyakarta mensterilkan hunian warga di kawasan Bong Suwung yang berada di emplasemen bagian barat Stasiun Yogyakarta, Kamis (3/10/2024).

Penertiban dan pembongkaran itu selain dilakukan Perwakilan Manajemen dan Pekerja di Daop 6, dibantu pula oleh kewilayahan diantaranya TNI, Polri, Satpol PP, PLN, dan Damkar. Dalam pembongkaran atas 75 hunian warga itu dikerahkan sebanyak 400 personil.

EVP Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo mengatakan sterilisasi area Bong Suwung ini merupakan komitmen KAI Daop 6 terhadap keselamatan perjalanan kereta api.

Sesuai tema HUT ke-79 KAI yaitu Safety and Sustainability, Daop 6 sangat concern terhadap keselamatan perjalanan KA. “Kondisi di sini sangat rawan kecelakaan karena frekuensi dan kecepatan KA yang semakin bertambah. Selain itu kondisi ini juga membahayakan keselamatan warga yang bermukim di sini,” kata Bambang.

Ia menambahkan di area Bong Suwung yang masih berada di emplasemen Stasiun Yogyakarta ini merupakan area yang banyak aktivitas langsiran KA. Dengan dilakukannya sterilisasi diharapkan akan memberikan ruang yang lebih untuk kegiatan operasional KA.

Ke depan usai dilakukan sterilisasi, Bambang mengatakan bahwa Daop 6 juga akan memekarkan emplasement. Sehingga jarak antar rel dapat diperlebar dan memungkinkan pengembangan peron stasiun.

Pengembangan peron stasiun diharapkan akan mengurangi penumpukan penumpang Stasiun Yogyakarta yang terus bertambah dan meningkatkan faktor keselamatan ketika penumpang menunggu di peron.

Bambang mengatakan sisa sterilisasi nantinya akan dibuang ke luar Kota Yogyakarta sehingga tidak membebani Kota Yogyakarta.

Ia bersyukur kegiatan dapat berjalan lancar karena warga sudah setuju dan menyadari itu untuk kepentingan bersama.

“Kami berterima kasih kepada semua yang telah membantu dalam sterilisasi area kali ini. Kami berharap kawasan ini menjadi lebih baik lagi sehingga dapat mempercantik pintu masuk Kota Yogyakarta,” pungkas Bambang. (bams)