Portal DIY

Sepasang Gajah Koleksi Obwis Linggoasri Pekalongan Dititipkan ke GL Zoo

Portal Indonesia
52
×

Sepasang Gajah Koleksi Obwis Linggoasri Pekalongan Dititipkan ke GL Zoo

Sebarkan artikel ini
Sepasang gajah dari Objek wisata Linggoasri yang dititipkan di GL Zoo Yogyakarta (Portal Indonesia/Bambang S)

YOGYAKARTA – Sepasang gajah dari Objek wisata Linggoasri, Pekalongan, Jateng dititipkan ke Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta. Gajah asal Sumatra itu bernama Deo (jantan) umur sekira 30 tahun, sedangkan yang betina bernama Sinta (40).

Dirut GL Zoo KMT A.Tirtodiprojo (Joko) menjelaskan kedua gajah milik Obwis Linggoasri Pekalongan itu tiba di GL Zoo pada Senin (30/9/2024) pukul 00.30 Wib dinihari.

Menurutnya penitipan gajah itu karena Obwis Linggoasri belum memiliki izin dari lembaga konservasi (LK).

“Kepengurusan izin belum selesai sehingga gajah tersebut tidak boleh dipelihara di Objek wisata Linggoasri. Sehingga dalam proses (perizinan) itu kedua gajah harus dititipkan lebih dahulu ke GL Zoo,” jelas Joko kepada pers di GL Zoo, Senin (30/9/2024).

Kedatangan sepasang gajah dari Obwis Linggoari ke Gembira Loka Zoo (Ist)

Ia menyebutkan GL Zoo menjadi satu-satunya LK di Jateng dan DIY yang dipercaya dalam proses evaluasi dan penitipan satwa dilindungi. Dengan adanya titipan sepasang gajah ini sehingga kebun binatang di Yogyakarta tersebut kini mengoleksi 14 ekor gajah.

“Penitipan dua ekor gajah itu selama 6 bulan karena kemungkinan mengurus perizinan selama 6 bulan diharapkan sudah selesai,” duga Joko.

Setibanya di GL Zoo, Sepasang gajah milik Obwis Linggoasri itu langsung dimasukkan ke kandang karantina. Kemudian nantinya akan dikenakan dengan gajah koleksi GL Zoo.

“Proses perkenalan itu nantinya akan selalu dipantau oleh mahout (perawat) gajah GL Zoo, untuk memastikan keselamatan gajah dan terjadinya interaksi satwa tersebut,” jelas Joko

Diharapkan kedua gajah yang baru didatangkan dari Obwis Linggoari itu nantinya cepat mampu beradaptasi dengan koleksi gajah GL Zoo. (bams)