Portal DIY

Lebih Sejuta Penumpang di Daop 6 Yogyakarta pada Agustus lalu

Portal Indonesia
55
×

Lebih Sejuta Penumpang di Daop 6 Yogyakarta pada Agustus lalu

Sebarkan artikel ini
Para penumpang KA di Daop 6 Yogyakarta (Ist)

YOGYAKARTA   – Daop 6  Yogyakarta mencatat tren positif pada Agustus 2024. Lebih dari 1 juta penumpang kereta api (KA) di seluruh stasiun wilayah Daop 6 tersebut, baik penumpang naik maupun turun bulan lalu.

Manager Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro dalam keterangan tertulisnya Sabtu (7/9/2024) menyebutkan, jumlah penumpang KA di seluruh stasiun wilayah Daop 6 Yogyakarta mencapai 1.102.547 penumpang pada Agustus 2024. Itu terdiri dari penumpang berangkat atau naik sebanyak 542.820 orang  dan turun atau datang sebanyak 559.727 orang.

Lima stasiun dengan jumlah penumpang berangkat dan datang tertinggi yaitu:

1. Stasiun Yogyakarta dengan jumlah penumpang 498.311 orang

2. Stasiun Lempuyangan dengan jumlah penumpang 258.725 orang

3. Stasiun Solobalapan dengan jumlah penumpang 189.438 orang

4. Stasiun Purwosari dengan jumlah penumpang 50.302 orang

5. Stasiun Klaten dengan jumlah penumpang 49.620 orang.

Menurutnya jumlah keberangkatan dan kedatangan penumpang di bulan Agustus ini hampir sama dengan Juli sebelumnya yang mencatatkan 1.233.758 penumpang naik turun KA di stasiun KA jarak jauh. “Pada Juli jumlah penumpang tinggi dikarenakan terdapat libur sekolah yang berlangsung hingga pertengahan bulan,” kata Krisbiyantoro.

Sementara itu, Daop 6 juga mencatat 5 KA Jarak Jauh keberangkatan awal Daop 6 yang paling laris dan menjadi favorit masyarakat di bulan Agustus 2024 adalah:

1. KA Sri Tanjung relasi Lempuyangan – Banyuwangi Kota (PP) dengan okupansi pelanggan 190%

2. KA Joglosemarkerto relasi Solobalapan – Yogyakarta – Purwokerto – Semarang Tawang – Solobalapan dengan okupansi pelanggan 154%

3. KA Joglosemarkerto relasi Solobalapan – Semarang Tawang – Purwokerto – Yogyakarta – Solobalapan dengan okupansi pelanggan

4. KA Bengawan relasi Purwosari – Pasarsenen (PP) dengan okupansi pelanggan 124%

Baca Juga:  Daop 6 Gelar Pesta Rakyat Pitulasan Sepuran

5. KA Taksaka relasi Yogyakarta – Gambir (PP) dengan okupansi pelanggan 106%

Dengan tingginya animo masyarakat terhadap moda transportasi KA, Daop 6 mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk merencanakan perjalanan jauh-jauh hari. Khususnya di masa masa peak season seperti Minggu depan yang terdapat libur panjang Maulid Nabi pada Senin 16 September 2024.

KAI Daop 6 Yogyakarta juga terus memberikan layanan terbaik bagi para pelanggan. Menurutnya kepuasan para pengguna KA merupakan salah satu unsur penting bagi Daop 6 untuk terus memberikan layanan terbaik dengan didukung faktor keselamatan, kehandalan sarana prasarana, dan ketepatan waktu yang selalu dijaga.

Ia menambahkan, saat ini KAI sangat concern dalam mendukung keberlanjutan (SDG’s) salah satunya dengan mengajak internal maupun pelanggan untuk menggunakan tumbler.

Melalui perkenalan water station, KAI ingin mendorong penggunaan tumbler untuk mengurangi ketergantungan pada botol plastik sekali pakai yang sulit terurai. “Kami ingin memperkenalkan bahwa sektor transportasi termasuk KAI juga berperan aktif dalam melindungi lingkungan,” pungkasnya. (bams)

*) Ikuti Berita Terbaru Portal Indonesia di Google News klik disini dan Jangan Lupa di Follow.