83 Personil SAR DIY Disiagakan Selama Nataru

83 Personil SAR DIY Disiagakan Selama Nataru

 

YOGYAKARTA – Sebanyak 83 personil SAR disiagakan untuk  memberikan rasa nyaman bagi masyarakat yang akan berwisata di DI Yogyakarta (DIY). Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 selama 19 hari mulai 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Yogyakarta L Wahyu Efendi mempimpin  Apel Pelepasan Petugas Siaga SAR khusus Nataru  di halaman Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta, Jumat (17/12/2021).

Menurutnya diterjunkanya SAR gabungan ini dalam rangka Kesiapsiagaan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan. Untuk mendukung kegiatan pengaturan dan pengendalian transportasi selama periode Nataru  di masa pandemic covid 19. Siaga Nataru bertujuan agar terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal.

Pada kegiatan Kesiapsiagaan SAR khusus Nataru, kita akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi Basarnas.Namun kita juga jangan lengah, tupoksi Basarnas tidak hanya terbatas pada siaga SAR khusus Nataru, tapi juga masih banyak potensi terjadi kecelakaan dan bencana yang membutuhkan perhatian,” kata Wahyu.

Disampaikan beberapa hal yang harus diperhatikan petugas siaga SAR khusus Nataru. Yaitu menjaga sikap yang sopan dan santun,  baik dalam berkoordinasi dengan intansi terkait maupun dalam melaksanakan misi penyelamatan di lapangan.

Untuk pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru, Personil Basarnas Yogyakarta dibagi menjadi 4 tim. Pertama personil dari Kantor Basarnas Yogyakarta akan melaksanakan patrol mobil ke arah Tempel di perbatasan Jateng-DIY dan ke Bandara Adisutjipto serta patroli ke Lereng Merapi.Tim kedua patrol mobil dan stanby di wilayah wisata pantai di kawasan  Bantul, seperti Pantai Parangtritis, Samas hingga Pantai Baru. Untuk tim ketiga dilaksanan Personil Pos Basarnas Wonosari.

Mereka bertugas patrol mobile di Pantai Wediombo, Pantai Indrayanti dan Pantai Baron. Sedangkan tim keempat dilaksanakan personil Unit Siaga Basarnas Congot. Mereka melaksanakan patroli mobile di sepanjang Jalan Wates-Purworejo hingga perbatasan Jateng-DIY.Tim Unit Siaga Congot akan berpatroli dan koordinasi di Bandara YIA, serta melaksanakan patroli mobile di Wisata Pantai Kulonprogo, seperti Pantai Glagah, Congot hingga Pantai Trisik. (bams)

error: