Portal Sumsel

Peran Wartawan dalam Pengembangan Pendidikan Islam

162
×

Peran Wartawan dalam Pengembangan Pendidikan Islam

Sebarkan artikel ini
Peran Wartawan dalam Pengembangan Pendidikan Islam
Suasana anjangsana Sekber Wartawan Indonesia Sumsel di Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Sumatera Selatan.

PALEMBANG – Dalam pengembangan pendidikan Agama Islam, peran wartawan sangat strategis untuk membantu program kerja Kementerian Agama.

Hal itu disampaikan Prof H Faisal Burlian saat berada di ruang kerja Kabid Pakis Kanwil Kemenag Sumsel dalam rangkaian kegiatan anjangsana Sekber Wartawan Indonesia, Selasa (18/1/2022).

Terkait hal ini (membantu program kerja Kementrian Agama), Sekber Wartawan Indonesia, juga memiliki komitmen.

“Kita komitmen untuk membangun kecerdasan masyarakat dalam bidang keagamaan,” ujar Prof Faisal.

Menurut Faisal, pendidikan agama sangat strategis untuk mencerdaskan pikiran, batin, dan perasaan. Dengan memahami nilai-nilai keagamaan, masyarakat akan memahami baik buruknya perilaku di dalam pergaulan hidup sehari-hari.

Masih menurut Faisal, Ilmu agama sangat relevan untuk memberikan pencerdasan pikiran, perasaan, dan perilaku manusia. “Artinya, tiap nilai yang menjelaskan tentang ilmu dan pengetahuan, akan memperbaiki akhlak manusia. “Karena itu ketika kita menerima pengajaran tentang akhlak, maka sikap manusia akan terfokus untuk selalu berbuat baik. Dari sisi inilah peran pers akan menindaklanjutinya ke masyarakat luas,” ujar Faisal.

Menanggapi pernyataan Faisal, Kabid Pakis Evi Zurviana Azom sepakat untuk membuka ruang seluasnya bagi wartawan. Sebab dengan kerja sama yang baik, maka program pemerintah di bidang agama akan mampu membangun masyarakat yang agamis.

“Saya sangat apresiatif dengan kerjasama ini. Nanti kita buat nota kesepakatan kerjasama secara tertulis. Dengan demikian, ketika Kemenag ada program sosialisasi pendidikan keagamaan, wartawan akan bisa langsung mewartakannya,” ujar Evi, tersenyum.

Sementara itu, Kasi Pendidikan Agama Islam Drs H Iman Suryadi MPd MPDi, mengatakan pihaknya memang membutuh wartawan sejati yang bisa membantu menyosialisasikan program pemerintah di bidang agama.

“Selama ini kita memang mencari wartawan sejati yang memang bertugas memberitakan nilai-nilai yang dibutuhkan masyarakat. Alhamdulillah, hari ini kita kedatangan wartawan-wartawan yang profesional. Ini yang kita butuhkan,” ujar Iman Suryadi menutup perbincangan.

Peran Wartawan dalam Pengembangan Pendidikan Islam

Dalam kegiatan anjangsana ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumsel ini, dari Sekber Wartawan Indonesia antara lain Prof Dr H Faisal Burlian SH SPd MHum, Doni Hadrakusuma (ketua), dan Bambang Subagio (wakil ketua).