Gubernur Khofifah Tanam Mangrove di Pantai Bohay

  • Bagikan
Gubernur Khofifah Tanam Mangrove di Pantai Bohay
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, saat penanaman bibit mangrove di Pantai Bohay Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo.

PROBOLINGGO – Gubenur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa lakukan secara simbolis penanaman bibit Mangrove di Pantai Bohay Kecamatan Paiton Kabupaten Probolinggo, Minggu (26/12/2021).

Gubernur Khofifah mengatakan setiap kali penanaman mangrove, selalu mendapat energi baru. “Energi baru kali ini ialah hadirnya bapak Rektor Unesa (Universitas Negeri Surabaya) beserta mahasiswa Unesa”ujarnya.

Dalam kegiatan penanaman mangrove, Khofifah menawarkan (pihak Unesa) untuk turun bersama karena luasnya area yang ingin ditanami dan banyaknya bibit mangrove yang ditanam, maka bersama bersinergi merupakan bagian yang sangat penting.

“Kita akan meminta dititik mana Unesa akan siap untuk menanam dan memelihara. Jadi bukan hanya menanam, tetapi juga memeliharanya”ucap Khofifah.

Gubernur Khofifah Tanam Mangrove di Pantai Bohay

Menurut Khofifah, urip urup, itu memberikan kehidupan, sebetulnya referensi itu sederhana tetapi dalam maknanya. “Kita memulai dari apa yang bisa kita lakukan, tidak harus menunggu siapa – siapa, jika bisa menanam mangrove ya tanam mangrove, tetapi jangan lupa menanam dan memelihara,” imbuhnya.

Khofifah juga mengatakan, di luar kita menjadi tuan rumah presidensialnya sekarang ini, dan nanti akan menjadi bahan yang akan dievaluasi bersama.

“Bagaimana sesungguhnya daya dukung alam dan ekosistemnya, salah satunya akan menjadi bahan evaluasi dunia yakni mangrove”.

“Tapi kita menanam bukan karena adanya evaluasi, namun saya secara pribadi memiliki tradisi menanam”papar Khofifah Indar Parawansa Gubernur Jawa Timur.

Gubernur menambahkan, banyak di provinsi di Indonesia melaksanakan penanaman mangrove.

Untuk itu, Gubernur Jatim mengajak beberapa elemen untuk melaksanakannya.

“Ketika di Jawa Timur, tentunya lebih bahagia sekali, karena semangat tertanam di Jawa Timur itu sangat luar biasa”.

“Mari kita bangun energi dan sinergi sekuat mungkin dan seluas mungkin”pungkasnya.

  • Bagikan
error: