Polres Ponorogo Bekuk 6 Pelaku Komplotan Curat

  • Bagikan
6 Pelaku Curat Berhasil Dibekuk Tim Resmob Polres Ponorogo

PONOROGO | portal-indonesia.com – Tim Resmob Polres Ponorogo Bekuk 6 pelaku Pencurian dengan Pemberatan (Curat). Hal itu diungkapkan Kapolres Ponorogo, AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K., M.H. saat menggelar Press Release di Loby Mako Polres Ponorogo pada Sabtu, (13/11)

Kapolres Ponorogo, AKBP Catur C. Wibowo, S.I.K., M.H. menceritakan kronologi kejadian, berawal adanya dari Laporan Kasus Curat, Unit Resmob Polres Ponorogo langsung gerak cepat untuk melakukan penyelidikan.

“Pada Sabtu, (06/11) sekira pukul 23.15 Wib berhasil mengamankan diduga pelaku a.n IMI di pinggir Jalan Raya Klampis – Jatibarang Desa Dukuhmaja, Kecamatan Songgom Kabupaten Brebes, Jawa tengah.

Setelah introgasi bahwa barang tersebut dibeli dari sdr. J dengan alamat Kab. Sragen Prov. Jawa tengah,” terang Kapolres.

Selanjutnya sekira pukul 09.30 wib pada hari berikutnya, Minggu, (07/11) Tim Resmob Polres Ponorogo berhasil mengamankan Sdr. J dirumahnya alamat Desa Harjosari, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa tengah.

“Berdasarkan hasil keterangan Sdr. J bahwa barang tersebut dibeli dari sdr. RE yang beralamat di Jakarta,” jelasnya.

Lebih lanjut, Unit Resmob Polres Ponorogo pada Rabu, (10/11) sekira pukul 09.30 wib berhasil mengamankan yang diduga pelaku RE, N, K dan AF didalam kamar Hotel Mitra INN di Jl. Mayor Bismo, Kelurahan Semampir, Kecamatan Kediri Kota, Jawa Timur.

“Setelah diinterogasi akhirnya pelaku mengaku telah melakukan pencurian dengan pemberatan di berbagai wilayah yaitu toko Pertanian Kecamata  Babadan Kabupaten Ponorogo, Toko Aki Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo, Toko Aki Kecamatan Jetis Kabupaten Ponorogo,” rincinya.

Masih menurut Kapolres, Kejahatan Curat ini tidak hanya dilakukan di Wilayah Hukum Ponorogo, melainkan beberapa daerah lain juga menjadi incaran pelaku kejahatan ini.

“Toko Aki Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun, Toko Alat Diesel di wilayah Kab. Kediri, Toko susu SGM di wilayah Ungaran, Toko Bangunan di wilayah Semarang, Kaos anak-anak di wilayah Weleri dan Toko Aki di wilayah Sukoharjo,” rinci Kapolres.

Barang bukti diamankan dari 6 orang tersangka adalah Handphone Berbagai Merk, 1 Roll kabel listrik warna hitam, 1 Buah kompresor warna hijau 2 buah kikir, 2 buah linggis, 5 Karton susu merk SGM berat 600 gram, 5 karton susu merk SGM berat 150 gram, 1 buah alat poles merk modern, 10 Aki Mobil Berbagai Merk, 3 (tiga) Buah Disel Air Berbagai Merk, 1 Buah genset merk KUDO warna biru, 1 (satu) set kunci leter T, 1 (satu) buah gunting pemotong baja, 2 (dua) buah linggis, 1 (satu) buah tongkat besi, 1 (satu) unit mobil Toyota Avanza warna hitam metalik dengan Nomor polisi : B 2574 KON, 1 (satu) buah hanphone merk NOKIA type TA-1174 dan Uang tunai sebesar Rp. 729.000,- (tujuh ratus dua puluh sembilan ribu rupiah).

Kapolres juga mengungkapkan 6 orang pelaku Curat tersebut beralamat Luar Kota semua ada yang dari Jawa tengah, Jawa barat dan Jakarta. Sedangkan untuk TKP yang ada di Ponorogo ini ada tiga yaitu Wilayah Kecamatan Sukorejo, Babadan dan Jetis.

“Untuk TKP Kecamatan Sukorejo Pelaku melakukan aksi Curat di sebuah Toko Sanjaya Aki / tanggal 25 September 2021 pada pukul 02.00 WIB. Sedangkan TKP Wilayah Kec. Babadan di Toko Pertanian Sabar Subur / tanggal 23 Oktober 2021 pada pukul 04.00 WIB dan TKP Jetis pelaku di Toko Formosa Motor 2 / tanggal 4 November 2021 pada pukul 03.00 WIB,” jelas Kapolres.

Kapolres menambahkan, pihaknya telah menyita sejumlah barang bukti dari 6 pelaku, Selanjutnya Para pelaku harus mempertanggungjawabkan perbuatannya.

“Pelaku Pencurian dengan pemberatan sebagaimana dimaksud dalam dalam Pasal 363 ayat (1) ke 4e dan 5e KUHP dengan acaman penjara paling lama 9 (Sembilan) tahun,” pungkasnya. (eh).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

error: