Bripka Purwanto, Sosok Polri Penggerak Cinta Sholawat Dikalangan Pelajar dan Remaja

Bripka Purwanto, Sosok Polri Penggerak Cinta Sholawat Dikalangan Pelajar dan Remaja
Bripka Purwanto saat mengajarkan tentang tata cara menabuh terbang ke warga

PASURUAN  – Banyak cerita anggota polisi yang memiliki kepribadian baik dan patut menjadi contoh. Salah satunya anggota Satuan Binmas Polres Pasuruan Kota, Polda Jatim, yakni Bripka Purwanto.

Di sela-sela tugasnya melayani dan melindungi masyarakat sebagai polisi, ternyata sosok Purwanto setiap harinya menyempatkan diri untuk melatih Sholawat Al Banjari.

Hingga akhirnya Purwanto memutuskan untuk mendirikan perkumpulan Al Banjari di sekitar tempat tinggalnya, tepatnya Di Desa Warungdowo RT 01/RW 06 Kecamatan Pohjentrek, Kabupaten Pasuruan.

Menjalani tugas sebagai seorang Polisi di Sat Binmas Polres Pasuruan Kota, tidak lantas membuat Purwanto menjadi seorang yang angkuh dan sombong.

Justru ditengah kesibukanya, Dia menyisihkan waktu melatih Sholawat Al Banjari baik bagi kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa di sekitar terutama di tempat tinggalnya.

Bripka Purwanto, Sosok Polri Penggerak Cinta Sholawat Dikalangan Pelajar dan Remaja
Bripka Purwanto, ketika menyalurkan bakatnya kepada sejumlah scurity di salah satu Bank di Kota Pasuruan

Di bawah bimbingan Bripka Purwanto, banyak anak-anak merasa senang dan penuh semangat lantaran bisa belajar bersholawat bersama dengan seorang polisi yang biasanya hanya mereka lihat di jalan saja.

Kaitan dengan hal tersebut, dalam hal ini Kapolres Pasuruan Kota AKBP Arman S.I.K M.SI membenarkan jika ada anggotanya menjadi penggerak cinta Sholawat dan mendirikan perkumpulan Al Banjari di tempat tinggalnya di wilayah hukum Polres Pasuruan Kota.

“Setelah berdinas, sepanjang pemantauan kami Purwanto kerap mengajak warga disekitar tempat tinggalnya untuk mengikuti sholawat Al Banjari dan memberikan pesan-pesan kamtibmas di lingkungan tempat tinggalnya yang ada di wilayah Kecamatan Pohjentrek”. Kata Kapolres.

Dirinya juga menjelaskan, bahwa seorang polisi bukan hanya dituntut untuk bekerja secara profesional dalam mengemban tugas. Akan tetapi polisi juga diminta untuk bisa memberi contoh yang baik, khususnya dalam hubungan bersosial bermasyarakat.

“Ini merupakan bentuk dan tanggung jawab sebagai personel Bhayangkara, dan mereka tidak hanya dituntut profesional dalam menjalankan tugas sehari-hari tapi harus mampu menjadi tauladan bagi masyarakat. Termasuk untuk melatih sholawat Al Banjari kepada warga yang ada disekitar tempat tinggalnya”. Ujarnya.

Disisi lain AKBP Arman merasa senang dengan, kegiatan posistif yang telag dilakukan oleh salah anggotanya diantaranya melalui kegiatan sholawat Al Banjari ditengah lingkungan masyarakat.

Tidak sedikit para tokoh masyarakat, ulama, pemuda, dan pecinta sholawat memuji serta menyanjung kepiawaian Bripka Purwanto dalam menekuni sekaligus memberikan bimbingan tentang sholawat Al Banjari kepada masyarakat.

Adapun menyinggung soal kegiatan semacam itu, Rohim (36) salah warga Warungdowo yang tidak lain tetangga Bripka Purwanto menuturkan.

“Kami senang bisa belajar bersholawat Al Banjari dengan bapak polisi, jadi kami tidak merasa asing kalau melihat bapak polisi dan ternyata Polisi itu multitalenta. Apalagi bapak polisinya baik dan ramah”. Ungkap Rohim. (Eko/Ghana)

Penulis: Eko/Ghana

Tinggalkan Balasan

error: