Nurul INAKER : Pentingnya Kegiatan Ormas di Kota Malang Diketahui Bakesbangpol

Nurul INAKER : Pentingnya Kegiatan Ormas di Kota Malang Diketahui Bakesbangpol
Nurul Hasanah Anggota INAKER PC Malang Kota. (Photo. Galih)

KOTA MALANG. portal-indonesia.com – Semua kegiatan Ormas di Kota Malang hendaknya terdata di Bakesbangpol. Hal ini sebagai catatan penting pihak Bakesbangpol terhadap Ormas atas entry pendataan bagi Ormas yang sudah punya legalitas Kemenkuham dan kesekretariatan jelas dan telah tercatat keberadaannya di Bakesbangpol Kota Malang.

Hal itu disampaikan Nurul Hasanah, anggota INAKER PC Makota (Malang Kota) peserta kegiatan Pemantapan Pelaksanaan Pemberdayaan dan Pengawasan Ormas yang digelar Bakesbangpol di ruang sidang Balai Kota Malang, Rabu (03/10/2021)

“Tadi disampaikan oleh Bu Rina selaku Kepala Bakesbangpol, bahwa semua bentuk kegiatan ormas dalam bidang apapun harus ada laporan terlampir agar pihak Bakesbangpol mengetahui visi misi yang sudah terimplementasikan ke masyarakat dengan lebih jelas”,kata pengurus INAKER PC Makota yang menjabat sebagai Wakil Ketua Bidang Kesra ini.

Wanita yang akrab dengan panggilan Nurul INAKER ini mempertegas, bahwa pihaknya (INAKER) sangat respektif dengan kegiatan tersebut. “Karena ini bagian dari wujud silaturahim menjalin kedekatan antara birokrasi dan ormas, yang terus bersinergi bersama membangun daerah”, tukasnya.

Dalam acara tersebut, Nurul berharap pihak Wali Kota Malang (Sutiaji) bisa menjalin kerjasama dengan semua ormas yang sudah jelas legalitasnya agar ormas tersebut bisa ikut berpartisipasi aktif dilapangan. “Salah satunya ikut menjaga kondusifitas untuk kenyamanan dan keamanan Kota Malang”,kata Nurul.

Selain itu, sesama ormas dapat tetap saling menjaga kekompakan dan kerukunan dalam rasa persatuan dan kesatuan. “Ini sebagai wujud pengamalan Pancasila pada sila ke 3 (tiga)”,tambahnya.

Nurul menyebut sebanyak 200-an ormas di kota Malang, ada 110 ormas yang resmi punya legalitas Kemenkumham dan kelengkapan berkas pendukung dan terdata. “Catatan atau pun data jumlah ormas itu sebagaimana yang telah dipaparkan oleh Kepala Bakesbangpol Kota Malang”, ungkapnya.

Ketika dimintai keterangan terkait hal tersebut, Rinawati Kepala Bakesbangpol Kota Malang membenarkan. “Iya betul mas”,kata Rina saat dihubungi portal-indonesia com lewat selulernya.

Dijelaskannya bahwa ormas yang memiliki AHU dan SKT, setidaknya 1 tahun sekali harus membuat laporan kegiatan dan diserahkan kepada Bakesbangpol.

“Laporan kegiatan ormas yang telah terdaftar tersebut sebagai bentuk pembinaan pemerintah (Bakesbangpol), juga sebagai inventarisasi bahwa ormas tersebut masih aktif dalam menjalankan organisasinya” terang Rinawati.

Nurul INAKER : Pentingnya Kegiatan Ormas di Kota Malang Diketahui Bakesbangpol

Sementara Kepala Bakesbangpol Provinsi Jawa Timur, Sabto, saat kegiatan Pemantapan Pelaksanaan Pemberdayaan dan Pengawasan Ormas berlangsung menyampaikan bahwa pihaknya akan mengadakan pertemuan dan pemantapan pemberdayaan ormas sebanyak 4 kali dalam setahun, agar ormas-ormas khususnya di Kota Malang melaksanakan visi misinya lebih jelas dalam bingkai rasa Persatuan membangun daerah.

Tinggalkan Balasan

error: