BeritaPortal Sumsel

Terdampak Covid-19, Anak-anak Kehilangan Orangtua Ini dapat Dukungan Psikososial dari Polri 

34
×

Terdampak Covid-19, Anak-anak Kehilangan Orangtua Ini dapat Dukungan Psikososial dari Polri 

Sebarkan artikel ini
Terdampak Covid-19, Anak-anak Kehilangan Orangtua Ini dapat Dukungan Psikososial dari Polri 

PALEMBANG – Keceriaan tampak jelas di wajah anak-anak di kota Palembang saat disuguhi hiburan badut di lapangan tenis indoor komplek Pakri Palembang Selasa (2/11/2021). Mereka adalah anak-anak yang kehilangan orang tua akibat Covid-19.

Hiburan badut tersebut, merupakan bagian dukungan Psikososial yang diberikan Biro SDM Polda Sumsel guna meringankan beban psikis anak-anak yang terdampak Covid 19.

Selain hiburan badut, anak anak juga diajarkan mewarnai gambar dengan pensil berwarna dan kertas gambar yang telah disediakan.

Dalam kegiatan ini pihak penyelenggara Biro SDM Polda Sumsel tetap menerapkan protokol kesehatan. Seluruh anak anak yang hadir diwajibkan tetap memakai masker, mencuci tangan dengan air yang telah disediakan serta menjaga jarak.

Dukungan Psikososial bagi anak-anak terdampak Covid 19 ini diberikan kepada seluruh anak-anak diseluruh Indonesia yang digagas Biro SDM Polri dengan menggandeng Ikatan Sarjana Psikologi, Kementerian Sosial RI, dan Kementerian Perlindungan Perempuan dan Anak RI yang dibuka langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melalui telekonferensi.

Kapolda Sumsel Irjen Pol Toni Harmanto mengatakan dukungan psikososial kepada anak-anak terdampak Covid-19 di kota Palembang yang diberikan Biro SDM Polda Sumsel hari ini, terkoneksi dengan Mabes Polri. Dukungan ini juga berikan seluruh Polda yang ada di Indonesia.

“Dukungan psikososial ini merupakan kepedulian Polri terhadap anak-anak yang kehilangan orangtua akibat covid 19,”kata Toni kepada wartawan.

Kegiatan ini, juga untuk menyadarkan semua orang bahwa ada korban akibat Covid 19 dan menimbulkan efek psikososial bagi anak anak yang kehilangan orangtua akibat Covid 19.

“Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk peduli dan bersama sama membantu terutama anak anak yang kehilangan orangtua. Tidak hanya bantuan sesaat karena jalan hidup anak anak ini masih panjang bantuan dan kepedulian kita sangat dibutuhkan mereka,”tuturnya.

Terdampak Covid-19, Anak-anak Kehilangan Orangtua Ini dapat Dukungan Psikososial dari Polri 

Di Sumsel sendiri, Irjen Pol Toni Harmanto menyebut sekitar 1200 anak yang terdampak covid 19 dan perlu diberikan dukungan psikososial. Untuk memberikan dukungan psikososial ini seluruh stakeholder terkait harus bersatu padu agar program dukungan psikososial ini tidak berjalan sampai disini saja dan harus berlanjut.

Sementara itu, Edi Hendri pekerja sosial dinas sosial Provinsi Sumsel menambahkan dinas sosial provinsi hanya perpanjangan tangan kementerian sosial untuk menangani anak anak yang kehilangan orangtua akibat Covid 19. Untuk penanganannya sendiri mencakup 17 kabupaten/kota se-Sumsel.

“Bantuan sosial yang berikan kementerian sosial berupa uang setiap bulan. Skema bantuan disalurkan langsung ke rekening anak-anak yang sudah dilakukan pendataan dari dinas sosial Kabupaten kota masing – masing,”jelasnya. (Hadi ST)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *