Plt. Bupati Probolinggo Pantau dan Cek Pelaksanaan Tahapan Pilkades

Plt. Bupati Probolinggo Pantau dan Cek Pelaksanaan Tahapan Pilkades
Plt. Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, saat di ruang pembuatan SKCK, Polres Probolinggo. (Photo. Hadari) 

PROBOLINGGO – Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo telah menetapkan agenda pelaksanaan Pilkades secara serentak akan digelar tanggal 19 Pebruari 2022. Sedangkan untuk tahapan Pilkades itu sendiri, telah ditetapkan mulai tanggal 28 Oktober 2021.

Sejak memasuki tahapan Pilkades ini, tampak disejumlah instansi dipadati oleh sejumlah warga yang maju sebagai calon kepala desa (Cakades).

Sejumlah instansi yang dipadati Cakades, diantaranya di kantor Dinas Pendidikan, Inspektorat, Polres Probolinggo, Kejaksaan Negeri Kabupaten Probolinggo, serta RSUD Waluyo Jati Kraksaan.

Pada Senin (1/11/2021), Plt. Bupati Probolinggo, Timbul Prihanjoko, melakukan pemantauan dan pengecekan pelaksanaan tahapan Pilkades di sejumlah instansi/lembaga tersebut.

Timbul Prihanjoko mengatakan hari ini ialah pengecekan kesiapan Pilkades yang akan dilaksanakan bulan Februari tahun 2022.

“Kami dari pimpinan daerah mengecek kesiapan dari setiap lembaga untuk memenuhi tahapan Pilkades sebagai syarat menjadi Cakades”, ucapnya.

Selama pemantauan tahapan Pilkades disetiap lembaga tidak ditemui kendala. “Alhamdulillah lancar,” terangnya.

Pihaknya mengimbau kepada panitia Pilkades supaya tetap mematuhi protokol kesehatan.

Sementara itu, Asisten 1 Pemkab Probolinggo Heri Sulistyanto mengatakan, bahwa pihaknya melaksanakan pengecekan ke instansi yang mempunyai kewenangan, supaya Cakades terlayani dengan baik. “Sehingga Cakades tidak ada kesulitan dan hambatan untuk memenuhi administrasi yang mereka butuhkan,” tambahnya.

Dijelaskan Asisten 1 Pemkab Probolinggo, bahwa tentang anggaran Kades tahun sebelumnya, pihak Inspektorat selama ini belum ada laporan perihal penyelewengan.

Selain itu, Asisten 1 Pemkab Probolinggo juga menjelaskan terkait urusan pajak.

“Selama ini belum ada laporan ke Inspektorat terkait penyelewengan anggaran Kades pada tahun sebelumnya, dan terkait urusan pajak, Alhamdulillah Cakades incumbent lancar, semua tidak ada kendala,” terang Heri Sulistyanto.

Pada kesempatan itu Plt. Bupati Probolinggo menghimbau kepada seluruh Pantia Pilkades untuk melaksanakan protokol kesehatan.

Saat disinggung terkait prodak hukum yang dinilai diskriminatif memihak incumbent yang maju sebagai Cakades, Asisten 1 Pemkab Probolinggo mengatakan bahwa eksekutif menyusun aturan Perbub ini, ialah untuk menyusun aturan se-ideal mungkin, harapannya untuk membantu penyelenggaraan pemerintah desa supaya lebih bagus

“Patut disadari bahwa prodak hukum itu tidak dapat memuaskan semua pihak karena prodak hukum bukanlah sebagai alat pemuas,” tutup Heri Sulistyanto.

Tinggalkan Balasan

error: